Skip to main content

Mengatasi Sekaligus Mempercepat Internet 3 AlwaysOn Bermasalah


Sejak beberapa waktu lalu, koneksi internet 3 AlwaysOn saya agak bermasalah. Masalah yang muncul sederhana yakni tidak bisa mengakses situs internet.tri.co.id padahal menurut saya situs tersebut amat vital bagi pengguna karena menyajikan berbagai informasi penting seperti tanggal expired kartu dan kuota akses internet yang masih tersisa. Kalau tiba-tiba kuota habis ketika sedang urgent enggak lucu juga kan?

Detil masalah yang muncul adalah timeout ketika mengakses situs internet.tri.co.id, saya berpikir kenapa? Padahal mengakses situs luar jaringan 3 lancar-lancar saja. Masak iya mengakses situ dalam jaringan sendiri yang gratis malah tidak bisa untuk waktu yang lama.

Setelah merenung beberapa saat, saya menduga bahwa masalahnya ada pada DNS (Domain Name System) bawaan dari operator seluler ini. Dugaan saya ini muncul karena ketika mengakses situs internet.tri.co.id menggunakan web proxy dan handphone saya, semua berjalan lancar. Wah, pasti DNS nya, pikir saya. Oleh karena itu tanpa pikir panjang langsung saja saya mengganti DNS pada squid yang juga saya gunakan untuk membuat cache sehingga bisa lebih hemat kuota internet—tutorial menginstall squid di windows akan saya buat nanti.

Pada pengaturan umum untuk DNS operator ini digunakan DNS dengan IP address 10.0.28.66 dan 10.0.26.34, tentu alamat ip tersebut merupakan alamat ip dalam lingkungan dalam atau internal. Dengan mengganti DNS bawaan dengan DNS dari openDNS yakni 208.67.222.222 208.67.220.220 akhirnya ada perubahan. Hasilnya? Saya bisa mengakses situs internet.tri.co.id dengan sukses dan bahkan koneksi internet saya jauh lebih cepat daripada ketika menggunakan DNS bawaan dari operator seluler ini.

Ketika menggunakan DNS bawaan

Time out saat mengakses internet.tri.co.id



Kecepatan menggunakan DNS bawaan
Ketika menggunakan DNS dari openDNS + squid di localhost


Langsung ke load



Lancar jaya


Cukup menarik kan dampakya? Untuk mengubah DNS pada berbagai sistem operasi ada berbagai cara yang dapat digunakan, bisa digugling kok, *sebenarnya sih karena saya bingung caranya gimana, pas udah di set manual malah nge-reset ke awal :p. Kalau untuk membuat cache proxy dan mengganti DNS, tutorialnya akan saya buatkan nanti. Jadi tunggu saja. Lumayan kan selain cepat melainkan juga hemat kuota.

Semoga bermanfaat. Silahkan bertanya atau memberi tanggapan. Gratis kok! 

Salam BangSatya,
Buruk.Baik.Menginspirasi

Comments

  1. Amankan PERTAMAX dulu. HIHeiieheihe

    Saya sekarang pake MODEM dengan Kartu 3. Always ON juga. Semuanya jauh lebih stabil koneksinya daripada kartu lainnya. Hanya saja kalau sering membuka YOUTUBE bisa boros juga Karena banyak makan BYTE. Oh ya thanks atas tipsnya mempercepat Internet 3 ini. Ini mantaf juga untuk diterapkan. Salam

    ReplyDelete
  2. Coba nanti ikuti tutorial install squid sebagai cache proxy biar kuota lebih irit :D

    ReplyDelete
  3. Sy pk android SG. Pk 3 always on udah 4bln. Tb2 sjk jumat pagi kmrn,sy gak bs bk fb. Tp gugling bs. Bc berita jg bs. Knp ya?:-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba direstart HP nya. kalau masih tidak bisa coba ganti-ganti DNS server maupun APN nya.

      Delete

Post a Comment

Tanggapilah, dengan begitu saya tahu apa yang ada dalam pikiranmu

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

Aku, Keterpurukanku, dan Mereka yang Kutinggalkan

Pagi tadi saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke toko buku Gramedia bersama kedua orang tua saya dan satu orang gadis cantik yang selalu bisa membuat saya nyaman di dekatnya. Seperti biasa, saya mengecek total buku Carding for Beginner yang sudah terjual, ternyata di stok online masih sama dengan beberapa hari yang lalu walaupun di rak buku sudah ada buku yang terjual, updatenya kurang cepat. Apakah kali ini saya akan bercerita tentang buku yang saya tulis atau buku yang akan saya tulis? Tidak, sama sekali tidak. Kali ini saya ingin berbagi kisah nyata saya sebagai pengamal yang entah itu sukses atau tidak kepada kawan-kawan sekalian. Sebuah kesadaran tentang spiritualitas saya. Sebuah kesadaran setelah membaca buku agama yang membahas tujuh amalan pelejit kesuksesan. Kisah Nyata Sebagai Pengamal Cerita ini saya mulai ketika saya SMA. Sebuah tahap ketika saya benar-benar mencoba ini dan itu. Sebuah tahap saya dengan kuatnya melakukan sesuatu. Saya berkaca dari

Berbicara Tentang Nama

Tak banyak orang menyadari bahwa ada sesuatu yang sangat setia menemani mereka. Sama setianya dengan dua malaikat yang katanya ada di kiri dan kanan kita. Mereka yang tak lelah mencatat ini itu yang mungkin akan menjadi jutaan buku bila diterbitkan. Dia yang sangat setia, tapi tak sepenuhnya disadari dan diresapi. Dia yang sangat mulia tapi dianggap biasa, nama. Sejatinya nama bukan hanya sebatas alat untuk mengidentifikasi seseorang. Bukan hanya sebagai alat untuk membedakan antarmanusia. Tidak sedangkal itu, bagi saya nama lebih dari itu melainkan sebuah pengharapan. Saya yakin bahwa setiap orang tua memberikan nama yang baik kepada anaknya dengan berbagai tujuan yang mana salah satunya adalah sebagai pengharapan. Berharap sang anak menjadi seperti nama yang diamanahkan. Nama juga amanah. Amanah yang harus kita perjuangkan, amanah yang melekat kepada kita sejak kita lahir. Hampir dua puluh satu tahun yang lalu orang tua saya memberikan amanah pada saya berupa nama, A