Skip to main content

how to ssh for beginner

Realizing that SSH is not common thing for beginner but it is so useful then i will try to explain how to ssh for you.

how to ssh is windows

Actually, many operating system support SSH. But, commonly user was using Windows so i will explain how to ssh in windows although in linux it was not so far different.

First thing, you must do to know that your server allow ssh. You can use telnet to check that thing. Simply, you just need to know whether port 22 is opened. You just need to open command prompt then type "telnet yourserver 22".
how to ssh
Test server for ssh
 Here is the example screen you will get if the server provide ssh. That is the first step how to ssh in Windows
how to ssh
SSH ok

how to ssh login using putty

After knowing that the server support ssh then you need to login to your server. That is second lesson how to ssh. Actually, there are many ssh clients that allow you to get easy access to your server but the most popular is Putty.

Putty is one tool you must have to learn how to ssh. You can download it here or check other version here. It is interface would be like this.
how to ssh
Putty Interface

To login, you just need to fill Host Name or IP Address Box using your server hostname or IP then click Open.
After that, you will need username and password to login.
how to ssh
USername and Password


If you are success to login. You will get interface like this. Um, actually it is interface if you run FreeBSD as your operating system.
how to ssh
Login success


how to ssh tunneling using putty

After knowing how to check and login to ssh, i will explain how to ssh tunneling. It was quite popular trick to hide your ip address and hide behind your server. Moreover, you could also get some benefit from it. But it will not explained here.
how to ssh
SSH Tunneling using putty

All you need to try how to ssh tunneling using putty is to reconfigure the default configuration of Putty. You just need to go to connection --> SSH --> Tunnels and fill the Souce Port using 777 (it is depended on you), choose Dynamic then Add. For finishing, click Open and you will need to proved username and password again. If after input password there is no happend then you is success. Just change your proxy configuration in your browser using SOCKS Proxy Host:127.0.0.1 and Port:777

Ending of how to ssh for beginner

That is my simple tutorial how to ssh for beginner and how to ssh tunneling. Hope it useful for you. See you next time.

Regards BangSatya

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe