Skip to main content

BAB I - Pengenalan Website



S
eiring berkembangnya teknologi dan informasi, dunia maya juga ikut mengalami perkembangan. Dunia maya menyediakan tempat bagi semua orang untuk berkumpul, bertukar informasi, menyimpan informasi, bahkan untuk melakukan transaksi jual beli.

Mengenal Lebih Jauh

Pada zaman sekarang, siapa sih yang enggak ngakses internet? Pasti, sebagian besar masyarakat sudah pernah mengakses internet dan mengakses informasi di dalamnya. Begitu banyak informasi yang bisa kita dapat disana. Namun, terkadang pasti terlintas di pikiran kita, bagaimana cara membuat website yang menyajikan informasi seperti website yang sering kita kunjungi. Sebelum melangkah menuju pembuatan website, mari kita bahas tentang website itu sendiri.
¿  Apa itu website?
Pertanyaan pertama ini pasti bisa kita jawab dengan mudah. Website merupakan suatu sarana bagi kita dalam berbagi informasi di internet. Website merupakan kumpulan halaman yang memiliki topik yang saling terkait. Sebagai contoh, website maniak-it.com berisikan halaman yang topiknya adalah IT/komputer yang isinya saling berhubungan satu dengan yang lain.
¿  Siapa yang memerlukan website?
Setiap orang membutuhkan website. Jangan berpikir bahwa website hanya miliki pebisnis saja, orang biasa pun memerlukan website. Pelajar, institusi, organisasi, wirausahawan dan lain-lain membutuhkan website. Website menjadi gerbang bagi kita untuk berbagi informasi kepada orang lain di Internet. Sebagai contoh,  sebuah  organisasi sosial bernama “ Kasih Manusia” memiliki website, melalui website tersebut, mereka dapat melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan kepada para pengunjung sehingga para pengunjung tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan selanjutnya. Contoh lainnya adalah seorang pedagang yang mempromosikan dagangannya melalui websitenya, calon pembeli mengetahui barang yang ditawarkan tanpa harus datang langsung ke tempat si pedagang, lebih mudah dan murah bukan? Karenanya, website memang menjadi kebutuhan bagi setiap orang.
¿  Apa keuntungan memiliki website?
Tentunya, website memiliki berbagai manfaat yang menjadikan kita perlu untuk memilikinya. Keuntungan tersebut antara lain:
1.     Sarana promosi 24 Jam
Website menjadi sarana promosi bagi kita selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu tanpa henti. Kita tidak perlu datang ke rumah-rumah hanya untuk mempromosikan produk kita
2.     Update informasi menjadi lebih cepat
Ketika kita menjadi seorang pedagang, ternyata seminggu lagi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik dan kita berniat menaikkan harga produk yang kita jual. Melalui website yang kita miliki, kita dapat memberi tahu klien kita tentang rencana kenaikan harga produk yang kita tawarkan jauh-jauh hari sehingga semua klien dapat mengetahui kenaikan harga produk yang kita jual.
Contoh lain adalah saat kita menjadi sekretaris sebuah organisasi dima na organisasi tersebut bukan organisasi berbasis lokal namun nasional. Melalui website organisasi, kita dapat mengupdate informasi  penting bagi para anggota semisal: hasil rapat dan keputusan baru organisasi.
3.     Menghemat biaya komunikasi dan administrasi
Ketika kita bekerja tanpa menggunakan website, banyak biaya yang harus kita keluarkan, salah satunya dalam hal komunikasi dan administrasi. Melalui website, kita dapat menginformasikan apa yang hendak kita sampaikan kepada semua orang, tentu tanpa biasa bukan? Di samping itu, bila kita bekerja tanpa website, tentu kita perlu mencetak berita-berita, informasi, dll dan pastinya semua itu membutuhkan biaya pembelian kertas dan pencetakan. Berbeda halnya ketika kita memiliki website, semua informasi dapat kita simpan di website, aman dan tanpa biaya.
4.     Sarana penggalang dukungan maupun kritik
Website yang kita miliki dapat kita manfaatkan untuk menjadi sarana penggalang dukungan maupun penggalang kritik. Hal ini bisa dilakukan apabila dalam website kita terdapat form kontak maupun form komentar, sehingga, pengunjung dapat memberikan masukan kepada kita. Bayangkan saja, dengan jumlah pengguna internet yang begitu besar, berapa banyak dukungan maupun kritik yang dapat kita peroleh.
¿  Apa saja yang diperlukan dalam membangun suatu website?
Beberapa hal yang diperlukan dalam membangun website antara lain:
1.     Hosting
2.     Domain
Dua hal tersebut merupakan syarat mutlak bagi kita dalam membangun website. Hosting ibarat tanah yang hendak kita bangun, sedangkan domain ibarat alamat rumah kita dimana setiap orang dapat menemukan kita di alamat tersebut.
Domain dan hosting akan dijelaskan pada bab selanjutnya.
¿  Ada banyak website di internet, bagaimana pengelompokannya?
Memang, di Internet ada begitu banyak website. Banyak pula macam informasi yang disajikan, namun dalam pengelompokannya website dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu: website statis dan website dinamis.
Websites statis adalah website yang isinya dimaksudkan untuk tidak diperbarui dalam jangka waktu yang singkat atau hanya diperbaharui secara manual dengan mengubah kode pada halaman website tersebut. Biasanya, halaman yang merupakan halaman statis berekstensi .html.
Sedangkan, website dinamis merupakan website yang isinya diperbaharui secara berkala dan biasanya terdapat form input di dalamnya yang memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan server. Perbedaan lain antara web statis dan dinamis terdapat pada infrastruktur yang dibutuhkan. Pada web dinamis, dibutuhkan database dan program penerjemah bahasa skrip. Biasanya, halaman web dinamis berekstensi .php maupun .asp.

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe