Skip to main content

BAB 3 - Hosting, Kavling virtualku



P
Aada bab III anda disuguhi materi tentang hosting, syarat wajib yang harus anda penuhi dalam membangun suatu website. Apa itu hosting? Macam hosting? Daftar hosting gratisan? Apa semua hosting cocok? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab pada bab ini.

Hosting, kavling virtualku

Dalam membangun rumah, tentu kita harus memiliki tanah bukan? Sama halnya dengan website, kita harus mempunyai hosting. Bila kita tak mempunyai tanah yang legal, tentu rumah kita bakal digusur. Kalo website, apa iya bakal digusur? :D
¿  Apa itu hosting?
Hosting merupakan salah satu bentuk jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan kita untuk menampilkan jasa atau produk yang kita tawarkan, atau hanya sebatas berbagi informasi. Prinsip dasar hosting adalah menyediakan tempat bagi data yang kita punya dan selalu terhubung ke Internet, sehingga user dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Bayangkan saja, bila ada hosting yang tidak Online selama 24 jam, tentu website yang diunggah di hosting tersebut tidak dapat bekerja maksimal.
Kita dapat membuat hosting sendiri. Namun hal ini sungguh amat merepotkan, mengapa demikian? Memilih membuat hosting sendiri berarti kita siap menyediakan PC yang On selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 12 bulan dalam setahun. Bayangkan saja, berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk membayar listrik, perawatan komponen PC serta koneksi internet tanpa putus.
¿  Macam-macam hosting
Kembali lagi kita pada pengelompokan hosting, bila dibedakan dari uang yang harus kita keluarkan, hosting dibagi menjadi dua: hosting gratis dan hosting berbayar. Hosting gratis menyediakan tempat bagi kita untuk mengunggah data tanpa kita perlu untuk membayar. Sedangkan hosting berbayar merupakan hosting yang mewajibkan kita membayar sewa secara berkala. Harga hosting berbayar ini bervariasi, tergantung dari spesifikasi yang ditawarkan serta letak server yang disewakan.
Berbeda lagi bila dasar pengelompokannya adalah web server yang digunakan. Ada dua macam kelompok, yaitu: Apache dan IIS. Apache merupakan web server berbasis Linux biasanya mempunyai ekstensi file .php dan merupakan web server yang paling banyak digunakan saat ini. Sedangkan IIS adalah web server berbasis windows.
¿  Di mana tempat mendapatkan hosting gratis?
Di internet, ada banyak website yang menyediakan layanan hosting gratis. Walaupun bertitel hosting gratisan, berbagai hosting yang ditawarkan mempunyai spesifikasi yang memadai bagi anda untuk membangun website impian. Berikut ini adalah daftar website yang menyediakan jasa penyewaan hosting gratis.
1.     000Webhost
000Webshost merupakan salah satu penyedia jasa penyewaan hosting gratis. Perusahaan ini telah berdiri sejak 2007, cukup lama bukan? Spesifikasi hosting yang ditawarkan pun cukup bagus. Mereka menyediakan hosting gratis dengan ruang disk mencapai 1,5Gb. Jumlah ini tentu sangat mencukupi ketika kita membangun website impian. Tidak hanya itu, limit data transfernya pun tinggi, yaitu 100Gb/bulan, dengan limit data transfer yang besar ini, tentu semakin kecil kemungkinan web anda mengalami “Bandwidth Limit Exceed” atau tercapainya bandwidth maksimum sehingga website tidak bisa diakses.
Untuk mendaftar di 000webhost, ikut langkah-langkah berikut:
1.             Klik tombol Sign Up  yang berada di side bar sebelah kanan.
Halaman akan dialihkan ke halaman berikutnya, Lanjut ke langkah ke-2.
2.             Isi semua form dengan benar. Bila anda sudah memiliki domain, isikan domain anda pada fom I want to host my own domain. Apabila anda belum memiliki domain sendiri anda dapat mendaftarkan sub domain yang ditawarkan pihak 000webhost.
3.             Apabila sukses, akan muncul halaman konfirmasi seperti berikut.
Masuklah ke email anda dan cek email yang dikirim oleh pihak 000webhost. Jangan lupa untuk mengecek folder spam, kebetulan email dari 000webhost masuk ke dalam folder spam saya.
Buka email tersebut dan dapatkan link konfirmasi yang harus anda klik
                        Klik link tersebut.
4.             Bila berhasil, status hosting anda akan aktif dan anda akan mendapatkan email berisi detil hosting anda melalui email.
Klik Log out untuk keluar dari Control Panel.
Kini, account di 000webhost siap digunakan.
2.     Selain 000webhost.com ada perusahaan hosting lain yang memberikan pelayanan penyewaan hosting secara gratis, mereka adalah freehostia. Walaupun dari segi disk space dan data transfer lebih kecil dibandingkan 000webhost, namun freehostia memiliki kelebihan dibandingkan 000webhost. Ia memiliki fitur 1-click application install yang memudahkan kita untuk mengintal aplikasi pada website kita nanti. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan account di freehostia.
1.             Buka alamat http://www.freehostia.com. Setelah loading selesai, akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini.
2.             Klik pada bagian seperti pada gambar di bawah ini.
                        Atau buka halaman http://www.freehostia.com/signup.html?plan=92 .
3.             Halaman baru akan muncul dan akan nampak berbagai form yang harus anda isi.
Isi semua data yang diminta. Apabila semua form sudah diisi, maka klik  pada bagian bawah.
4.             Apabila proses order sukses, anda akan digiring ke halaman baru yang berisi ucapan terima kasih seperti berikut.
                        Klik pada bagian View your order details untuk melihat rincian pesanan kita.
Tunggu beberapa saat, lalu cek email anda karena pihak freehostia akan mengirimkan detil data yang akan anda gunakan untuk masuk ke Control Panel.
5.             Cek email anda untuk melihat email yang telah dikirim oleh pihak freehostia. Simpan username dan password yang diberikan.
6.             Login lah ke Control Panel yang beralamat di https://newcp.freehostia.com/ menggunakan username dan password yang telah dikirimkan pihak freehostia.
7.             Sekarang anda sudah masuk di Control Panel freehostia. Nantinya, melalui Control Panel ini anda akan membangun website yang anda inginkan.
8.             Klik Sign out untuk keluar dari Control Panel.
3.     Website ketiga yang menyediakan hosting gratis adalah . www.freewebhostingarea.com. Untuk mendapatkan account hosting disana, anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:
1.             Buka http://www.freewebhostingarea.com/ dan akan muncul form domain yang harus anda isi seperti berikut:
Setelah mengisi form dengan benar, lanjutkan dengan mengklik tombol PROCEED. Bila berhasil, anda akan dihadapkan pada halaman yang meminta anda untuk mengisi data yang dibutuhkan.
2.             Isi semua form dengan benar lalu klik tombol CREATE. Beberapa saat kemudian anda akan dialihkan ke halaman yang berisi detail username, password dan link penting bagi anda dalam rangka membangun website pada nantinya. Simpan halaman tersebut.
3.             Untuk masuk ke Control Panel, masuklah ke alamat http://6te.freewebhostingarea.com/ lalu isikan username dan password anda.
Bila login berhasil, anda akan masuk ke Control Panel, berikut screenshot nya.
                               Kini anda telah memiliki acccount hosting di freewebhostingarea.com. J
4.     Website penyedia hosting gratisan berikutnya adalah http://www.50webs.com/ . Walaupun fitur yang ditawarkan standar, namun www.50webs.com/ memberikan kemudahan dalam hal pendaftaran. Berikut halaman utama website tersebut.
                        Untuk mulai mendaftar disana, ikutilah langkah-langkah berikut.
1.             Bukalah alamat berikut http://www.50webs.com/signup.html?plan=1 hingga muncul halaman seperti di bawah ini.
Klik pada bagian Use my existing domain untuk menambahkan domain pribadi anda. Isi semua form dengan benar lalu lanjutkan dengan mengklik CONTINUE. Server akan memproses pesanan kita.
2.             Bila registrasi sukses, akan muncul halaman terima kasih dan pemberitahuan bahwa email detail account telah dikirim ke email anda.
Untuk login ke Control Panel, langkah-langkahnya sama seperti saat anda ingin login ke Control Panel yang disediakan oleh freehostia.
5.     Berbeda dari website penyedia hosting gratis sebelumnya, website penyedia hosting gratis kelima ini berasal dari Indonesia. Jarang sekali bukan? Nama penyedia hosting gratis tersebut adalah idhostinger. Beralamatkan di www.idhostinger.com mereka menyediakan hosting gratis dengan spesifikasi 2GB disk space, site builder, dan 100 Gb Bandwidth.  Berikut adalah tampilan halaman awal idhostinger,
Untuk mendaftarkan diri di Idhostinger, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1.             Klik tombol Order sekarang! Yang terdapat di halaman utama. Anda akan digiring ke alamat www.idhostinger.com/order dan diminta untuk mengisi beberapa form sebagai syarat pendaftaran.
Di halaman tersebut anda juga dapat membaca, mengapa idhostinger mau memberikan layanan gratis kepada kita. Bila berhasil mendaftar, anda akan dialihkan ke halaman utama yang memberitahukan bahwa telah dikirim email yang berisi link aktivasi.
2.             Cek email anda dan klik link aktivasi yang ada di email yang telah dikirim oleh pihak idhostinger.
                        Bila berhasil, anda akan digiring ke halaman lain untuk membuat akun baru.
3.             Centang bagian  Saya ingin menggunakan domain saya sendiri lalu masukkan domain yang telah anda daftarkan. Isi form lainnya dengan benar lalu klik tombol Buat. Pada pojok kanan bawah akan muncul box yang menyatakan bahwa anda berhasil membuat akun baru.
Klik link Lihat Hasil untuk mengetahui hasil pembuatan akun.
Sekarang domain kita sudah tersimpan di hosting kita. Detil tenang password FTP, DNS, dll akan dikirim via email.
4.             Untuk sementara, keluarlah dari Control Panel dengan mengklik tombol Keluar. Hosting anda sudah siap untuk dipakai.
¿  Apa semua hosting cocok dengan untuk website kita?
Sebagai seorang pemilik website, kita harus mempertimbangkan dimana kita menempatkan hosting kita. Apabila kita adalah seorang pedagang yang hanya menjual produk di Indonesia saja, alangkah baiknya bila hosting yang kita pakai juga berada di Indonesia. Mengapa demikian? Kita ketahui bersama bahwa koneksi internet di Indonesia belum semuanya cepat, kecepatan dalam mengakses server luar negeri berbeda dengan kecepatan mengakses server lokal. Oleh karenanya, bila kita menggunakan server lokal, para pengunjung yang berasal dari Indonesia dapat mengakses website kita dengan cepat.
Berbeda lagi bila kita mentargetkan pembeli dari seluruh dunia, hosting luar negeri cocok untuk hal ini. Selain ketahanannya yang tak perlu diragukan, koneksi di luar negeri seperti USA dan German tentu mampu menerima request yang begitu banyak mengalir ke website kita.
Jadi, jangan asal memilih hosting bila ingin mendapatkan hasil maksimal.

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

Film Kekasih - The Lovers

Kekasih The Lovers merupakan film yang dirilis pada tahun 2008. Dibintangi oleh Angga Dwiputra dan Vonny Kristianda . Film ini bertempat di Jogja. Sesuai dengan judulnya, film ini mengangkat kisah cinta atara dua insan yang mempunyai perbedaan status sosial dan mendapatkan tentangan dari salah satu keluarga. Awal anda menonton film ini, anda akan disuguhi sebuah puisi indah yang menjadikan anda semakin tertarik untuk menonton film ini.Selain itu, kisah yang tidak membosankan sangat mendukung film ini untuk mendapatkan ucapan keren euy . Apalagi adanya musisi papan atas Iwan Fals yang membawakan sebuah lagu berjudul Aku Milikmu , sangat pas dengan kisah yang diangkat oleh film ini. hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menontonnya. Kedua pemeran utama dalam film ini memainkan perannya dengan sangat apik. Penonton akan hanyut dalam suasana yang mereka alami karena saking kuatnya ikatan mereka seperti kekasih sungguhan. Secara keseluruhan, film ini dapat dikatakan bag

Kaskus tidak bisa diakses, down kah?

Selamat malam, Siapa sih yang enggak tau Kaskus? Nama forum terbesar se-Indonesia ini pastilah familiar di telinga pecinta surfing . Namun, entah kenapa beberapa hari ini Kaskus tidak dapat diakses. Bila hanya maintenance biasa, pastilah pihak Kaskus akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu, tetapi keli ini berbeda. Keterangan yang saya dapatkan saat mengakses situs resmi yang beralamatkan di www.kaskus.us pun mengejutkan. Server not found . Bila hanya mengalami kepadatan lalu lintas jaringan, mungkin pemberitahuan yang saya dapatkan bukan Server not found , melainkan Connection Time Out . Apa gerangan yang terjadi? Tidak berhenti disitu, saya pun mencoba melakukan ping ke alamat kaskus, tetapi hasilnya pun sama. Lalu, apakah yang sebenarnya terjadi? Kapan kaskus dapat diakses dengan normal kembali? Biarkan waktu yang menjawab. Regards, Bang Satya