Skip to main content

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum,

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya.

  • Basmalah (33x)

Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” (Shifatush Shalah, hal. 64).

Saya sendiri yakin bahwa dengan mengamalkan basmalah, insyaallah apa yang hendak saya lakukan mendapatkan kemudahan. Insyaallah.

  • Waidzabathostumbathostubjabbaariin (33x) وَإِذَا بَطَشْتُم بَطَشْتُمْ جَبَّارِينَ

Sebelum mengamalkannya,tentulah ada yang penasaran dengan arti ayat tersebut. Ayat tersebut terdapat dalam Al-Quran SuratAsy-Syuaraa` ayat130 yang berarti Dan apabila kamu menyiksa, maka kamu menyiksa sebagai orang-orang kejam dan bengis.Saya berkeyakinan bahwa setiap ayat dalam Al-Quran memiliki fadhilahnya masing-masing. Seperti halnya ayat ini, saya berkeyakinan dengan mengamalkan ayat ini, insyaallah akan diberikan "kekuatan" oleh Allah SWT, wallahua'lam.

  • Ya Qawiyyu Ya Matin (33x)

“Hanya milik Allah al-Asmâ’ al-Husnâ, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (al-Asmâ’ al-Husnâ itu)” (QS. al-A‘râf [7]: 180).

Ya Qawiyyu sendiri memiliki arti Yang Maha Kuat dan saya mengamalkan asma Allah SWT ini dengan harapan untuk mendapatkan kekuatan, entah dalam menjalani hidup, menyelesaikan suatu perkaran, maupun hal lain yang tidak dapat saya sebutkan. Sedangkan Ya Matiin sendiri memiliki arti Yang Maha Kokoh. Saya berharap dengan mengamalkan asma Allah SWT ini saya mendapatkan kemantapan hati, ketidak bimbangan dalam menjalani sesuatu, mantap dalam melangkah, dll.

  • Sholawat (33x)

Sholawat merupakan kunci dari setiap doa agar dikabulkan. Oleh karena itu, sholawat mempunyai peran yang sanagt penting ketika kita hendak memanjatkan doa.
”Setiap doa tertahan hingga diucapkannya shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.” (Hadis shahih dari Al-Jami’us Shaghir: 4399).


  • Ya Baathin (33x)

Ya Baathin memiliki arti Yang Maha Ghaib. Sesungguhnya, hanya Allah SWT yang mengetahui hal-hal yang ghaib. Sehingga, saya mengamalkan asma Allah SWT ini dengan harapan agar Allah SWT memberikan petunjuk kepada saya tentang hal-hal yang tidak saya lihat, dnegar, maupun ketahui. Insyallah

  • Ya Ghaniyy (33x)

Ya Ghaniyy berarti Yang Maha Kaya. Allah SQL lah pemilik langit, bumi, dan apa yang ada diantaranya. Tiada yang lebih kaya dari Allah SWT. Oleh karenanya, saya mengamalkan asma Allah SWT ini dengan harapan dilancarkan rejekinya, dijauhkan dari kemiskinan, dijadikan berkecukupan, dll.

  • idz qaa la yusufu li A biihi yaa Abati Inniy ra Aiytu Ahada 'Asyara kaukabauw wasyamsa wal qamara ra Aituhum Liisaajidiin (7x)
Ayat ini merupakan ayat keempat dalam surat Yusuf yang bercerita tentang Nabi Yusuf dan Ayahnya yang mana memiliki arti sebagai berikut:

 (Ingatlah peristiwa) ketika Nabi Yusuf berkata kepada bapanya: "Wahai ayahku! Sesungguhnya aku mimpi melihat sebelas bintang dan matahari serta bulan; aku melihat mereka tunduk memberi hormat kepadaku"
Maka bila bintang, matahari, dan bulan saja dapat tunduk kepada manusia lantas bagaimana dengan manusia? Amalan ini ditujukan untuk membuat orang-orang yang ada di sekitar kita dan melihat kita mengasihi kita.

  • Istighfar (110x)
Segala yang kita minta sesungguhnya akan lebih mudah terkabul ketika kita dekat dengan kepada kita meminta. Amalan ini bertujuan untuk mencari pangapura / maaf Allah sehingga apa yang kita minta, urusan kita, dan segala hal dilancarkan.

  •  Laailaahaillalllah (99x)
Amalan ini bertujuan untuk membiasakan diri dengan kalimat tauhid ini dan meresapkan dalam jiwa agar pada akhirnya kita mendapatkan khusnul khotimah seperti yang disebutkan dalam hadist:
“Barang siapa yang akhir perkataannya adalah ‘lailaha illallah’, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih no. 1621)
  • Subhanallah (33x)
Amalan ini dilakukan guna menyucikan Allah dari hal-hal buruk yang kita lakukan.
  • Alhamdulillah (33x)
Allah mengancam hambanya yang tidak bersyukur, amalan ini bertujuan agar kita ingat untuk bersyukur. Mohon diingat bahwa bersyukur tidak hanya di ucapakan melainkan juga melalui perbuatan yang sangat banyak macamnya.
  • Allahuakbar (33x)

Demikian dzikir yang (insyaallah) saya amalkan setelah sholat 5 waktu. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan kita selalu mendapat kemudahan dalam setiap urusan kita. Amin. Al-Fatihah.

Salam,

Aryya Dwisatya W


Referensi hadist dan arti ayat:

Comments

Post a Comment

Tanggapilah, dengan begitu saya tahu apa yang ada dalam pikiranmu

Popular posts from this blog

Aku, Keterpurukanku, dan Mereka yang Kutinggalkan

Pagi tadi saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke toko buku Gramedia bersama kedua orang tua saya dan satu orang gadis cantik yang selalu bisa membuat saya nyaman di dekatnya. Seperti biasa, saya mengecek total buku Carding for Beginner yang sudah terjual, ternyata di stok online masih sama dengan beberapa hari yang lalu walaupun di rak buku sudah ada buku yang terjual, updatenya kurang cepat. Apakah kali ini saya akan bercerita tentang buku yang saya tulis atau buku yang akan saya tulis? Tidak, sama sekali tidak. Kali ini saya ingin berbagi kisah nyata saya sebagai pengamal yang entah itu sukses atau tidak kepada kawan-kawan sekalian. Sebuah kesadaran tentang spiritualitas saya. Sebuah kesadaran setelah membaca buku agama yang membahas tujuh amalan pelejit kesuksesan. Kisah Nyata Sebagai Pengamal Cerita ini saya mulai ketika saya SMA. Sebuah tahap ketika saya benar-benar mencoba ini dan itu. Sebuah tahap saya dengan kuatnya melakukan sesuatu. Saya berkaca dari

Berbicara Tentang Nama

Tak banyak orang menyadari bahwa ada sesuatu yang sangat setia menemani mereka. Sama setianya dengan dua malaikat yang katanya ada di kiri dan kanan kita. Mereka yang tak lelah mencatat ini itu yang mungkin akan menjadi jutaan buku bila diterbitkan. Dia yang sangat setia, tapi tak sepenuhnya disadari dan diresapi. Dia yang sangat mulia tapi dianggap biasa, nama. Sejatinya nama bukan hanya sebatas alat untuk mengidentifikasi seseorang. Bukan hanya sebagai alat untuk membedakan antarmanusia. Tidak sedangkal itu, bagi saya nama lebih dari itu melainkan sebuah pengharapan. Saya yakin bahwa setiap orang tua memberikan nama yang baik kepada anaknya dengan berbagai tujuan yang mana salah satunya adalah sebagai pengharapan. Berharap sang anak menjadi seperti nama yang diamanahkan. Nama juga amanah. Amanah yang harus kita perjuangkan, amanah yang melekat kepada kita sejak kita lahir. Hampir dua puluh satu tahun yang lalu orang tua saya memberikan amanah pada saya berupa nama, A