Skip to main content

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum,

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya.

  • Basmalah (33x)

Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” (Shifatush Shalah, hal. 64).

Saya sendiri yakin bahwa dengan mengamalkan basmalah, insyaallah apa yang hendak saya lakukan mendapatkan kemudahan. Insyaallah.

  • Waidzabathostumbathostubjabbaariin (33x) وَإِذَا بَطَشْتُم بَطَشْتُمْ جَبَّارِينَ

Sebelum mengamalkannya,tentulah ada yang penasaran dengan arti ayat tersebut. Ayat tersebut terdapat dalam Al-Quran SuratAsy-Syuaraa` ayat130 yang berarti Dan apabila kamu menyiksa, maka kamu menyiksa sebagai orang-orang kejam dan bengis.Saya berkeyakinan bahwa setiap ayat dalam Al-Quran memiliki fadhilahnya masing-masing. Seperti halnya ayat ini, saya berkeyakinan dengan mengamalkan ayat ini, insyaallah akan diberikan "kekuatan" oleh Allah SWT, wallahua'lam.

  • Ya Qawiyyu Ya Matin (33x)

“Hanya milik Allah al-Asmâ’ al-Husnâ, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (al-Asmâ’ al-Husnâ itu)” (QS. al-A‘râf [7]: 180).

Ya Qawiyyu sendiri memiliki arti Yang Maha Kuat dan saya mengamalkan asma Allah SWT ini dengan harapan untuk mendapatkan kekuatan, entah dalam menjalani hidup, menyelesaikan suatu perkaran, maupun hal lain yang tidak dapat saya sebutkan. Sedangkan Ya Matiin sendiri memiliki arti Yang Maha Kokoh. Saya berharap dengan mengamalkan asma Allah SWT ini saya mendapatkan kemantapan hati, ketidak bimbangan dalam menjalani sesuatu, mantap dalam melangkah, dll.

  • Sholawat (33x)

Sholawat merupakan kunci dari setiap doa agar dikabulkan. Oleh karena itu, sholawat mempunyai peran yang sanagt penting ketika kita hendak memanjatkan doa.
”Setiap doa tertahan hingga diucapkannya shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.” (Hadis shahih dari Al-Jami’us Shaghir: 4399).


  • Ya Baathin (33x)

Ya Baathin memiliki arti Yang Maha Ghaib. Sesungguhnya, hanya Allah SWT yang mengetahui hal-hal yang ghaib. Sehingga, saya mengamalkan asma Allah SWT ini dengan harapan agar Allah SWT memberikan petunjuk kepada saya tentang hal-hal yang tidak saya lihat, dnegar, maupun ketahui. Insyallah

  • Ya Ghaniyy (33x)

Ya Ghaniyy berarti Yang Maha Kaya. Allah SQL lah pemilik langit, bumi, dan apa yang ada diantaranya. Tiada yang lebih kaya dari Allah SWT. Oleh karenanya, saya mengamalkan asma Allah SWT ini dengan harapan dilancarkan rejekinya, dijauhkan dari kemiskinan, dijadikan berkecukupan, dll.

  • idz qaa la yusufu li A biihi yaa Abati Inniy ra Aiytu Ahada 'Asyara kaukabauw wasyamsa wal qamara ra Aituhum Liisaajidiin (7x)
Ayat ini merupakan ayat keempat dalam surat Yusuf yang bercerita tentang Nabi Yusuf dan Ayahnya yang mana memiliki arti sebagai berikut:

 (Ingatlah peristiwa) ketika Nabi Yusuf berkata kepada bapanya: "Wahai ayahku! Sesungguhnya aku mimpi melihat sebelas bintang dan matahari serta bulan; aku melihat mereka tunduk memberi hormat kepadaku"
Maka bila bintang, matahari, dan bulan saja dapat tunduk kepada manusia lantas bagaimana dengan manusia? Amalan ini ditujukan untuk membuat orang-orang yang ada di sekitar kita dan melihat kita mengasihi kita.

  • Istighfar (110x)
Segala yang kita minta sesungguhnya akan lebih mudah terkabul ketika kita dekat dengan kepada kita meminta. Amalan ini bertujuan untuk mencari pangapura / maaf Allah sehingga apa yang kita minta, urusan kita, dan segala hal dilancarkan.

  •  Laailaahaillalllah (99x)
Amalan ini bertujuan untuk membiasakan diri dengan kalimat tauhid ini dan meresapkan dalam jiwa agar pada akhirnya kita mendapatkan khusnul khotimah seperti yang disebutkan dalam hadist:
“Barang siapa yang akhir perkataannya adalah ‘lailaha illallah’, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih no. 1621)
  • Subhanallah (33x)
Amalan ini dilakukan guna menyucikan Allah dari hal-hal buruk yang kita lakukan.
  • Alhamdulillah (33x)
Allah mengancam hambanya yang tidak bersyukur, amalan ini bertujuan agar kita ingat untuk bersyukur. Mohon diingat bahwa bersyukur tidak hanya di ucapakan melainkan juga melalui perbuatan yang sangat banyak macamnya.
  • Allahuakbar (33x)

Demikian dzikir yang (insyaallah) saya amalkan setelah sholat 5 waktu. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan kita selalu mendapat kemudahan dalam setiap urusan kita. Amin. Al-Fatihah.

Salam,

Aryya Dwisatya W


Referensi hadist dan arti ayat:

Comments

Post a Comment

Tanggapilah, dengan begitu saya tahu apa yang ada dalam pikiranmu

Popular posts from this blog

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe