Skip to main content

Katamu: Hartamu Paling Tak Ternilai, Kataku: Hartaku Paling Tak Ternilai

Selamat malam,

Mungkin sebagian orang berpikir, "Wah, sombong banget nih orang" setelah membaca judul dari tulisan saya ini, wajar. Namun, pada kesempatan kali ini saya bukan ingin menyombongkan sesuatu (punya atau gak punya kan gak boleh sombong) ,tetapi berbagi pendapat serta pengalaman kepada para pembaca yang saya rindukan (biar sering view nih blog, :)) ).

Ketika ada ada seseorang berkata, "hartaku paling tak ternilai" saya menjawab "Hartaku paling tak ternilai". Saya tidak menyalahkan pernyataan dari orang lain tersebut walaupun pernyataannya bertentangan dengan pernyataan saya. Bagaimana bisa ada dua hal yang berbeda tetapi memiliki nilai ter yang sama? ternyata hal ini mungkin.

Setiap orang memiliki harta yang saya maksud ini. Setiap orang pasti mengatakan hartanyalah yang paling tak ternilai. Hal ini benar, karena penilain subjektif yang dipakai.

Lalu, apa harta yang saya maksud tersebut? Apa harta yang saya bilang tak ternilai itu? Inilah harta tersebut.



ya, keluarga. Inilah harga tak ternilai yang saya maksud. Setiap roang pasti memiliki keluarga dan pasti setiap darinya mengatakun hartanya yang paling tak ternilai.

Lebih spesifik lagi, ialah orang tua yang mengasuh kita dari kecil hingga seperti sekarang ini dengan penuh kasih sayang dan perhatian yang slalu tercurah tanpa henti bahkan tanpa kita minta.

Bila ada yang bertanya, Seberapa penting orang tua bagi anda? mungkin tidak ada kata yang mampu untuk menjelaskannya secara benar. namun, bila memang harus diucapkan, orang tua sangatlah berarti bagi saya. Beliau berdualah yang mendidik saya dari tak mengerti hingga mengerti, merekalah yang menuntun saya, membenarkan apa-apa  yang kurang benar pada diri saya. Beliau berdua tak pernah berlaku kasar, tidak pernah. Tidak hanya pada saya, tetapi juga kakak saya. Mereka selalu mementingkan anaknya ketimbang dirinya sendiri. Beliau berdua mungkin tidak punya kekuatan super seperti Spider Man, Superman, atau tokoh fiktif lainnya, tetapi mereka adalah Super Hero sejati dalam hidupku. Merekalah sumber semangatku, semangat yang membuatku mampu melewati segala rintang. Senyuman merekalah yang aku tunggu. Senyuman yang slalu hadir untuk menenangkanku. Apa yang ku raih, adalah untuk beliau berdua. Walau ku tahu semua itu tak sebanding dengan apa yang telah beliau berdua berikan. Namun, apa salahnya aku berusaha memberi yang terbaik kepada mereka.

Suatu hari, ku mendatangi seorang kyai. beliau menyuruhku meminta maaf pada orang tuaku dan meminta doa restu dari ibu. Namun, tak berselang lama, Pak Kyai tersebut menangis. Beliau teringat orang tuanya, ya, di usia yang senja itu, beliau tak sungkan menangis dihadapan seseorang sepertiku kala mengingat orang tuanya. Sedemikian berartinya kedua orang tua bagi anak hingga mampu menghapus batas ruang dan waktu. Tak peduli siapa, kapan, dan dimana. Air mata itu tak dapat dibendung. Ya, Kulihat air mata kerinduan yang menetes.
Ayah, Ibu
Engkau lah sumber semangatku
Engkaulah pengobar api di hatiku
Menjadikan ku mampu menghadapi dunia
Engkaulah pelindung di kala terik matahari menerjang
Engkau tak biarkan anakmu ini kedinginan ketika hawa dingin menyelimuti
Keringatmu terkucur demi tak membiarkan perutku kelaparan

 

Bapak, Ibu,
Senyum mu selalu aku tunggu
Sebagai pelipur ketika lara menggempur
Sebagai penenang bila hatiku tegang

 

Bapak, Ibu,
Kasih sayangmu melebihi butiran pasir di pantai
Kasih sayangmu begitu lembut
ia begitu mudah merasuk
Hingga hati yang keras ini dapat measakan kelembutan dan kehangatannya

Semoga kita bisa membanggakan, membahagiakan, dan memberikan yang terbaik kepada orang tua kita. Semoga Allah melancarkan jalan dan urusan kita. Semoga Allah selalu memberikan kekayaan di dunia dan akhirat, umur panjang, serta kesehatan kepada kita sekeluarga.Amin.Al-fatihah.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe