Skip to main content

Kursi Panas Verifikasi Berkas



Sejak tingkat I, saya selalu menduga bagaimana rasanya menjadi calon presiden KM ITB. Bukan hanya tentang menang kalah setelah perhitungan suara melainkan juga tentang proses yang dilaluinya. Biasanya, kalau saya tidak salah, seseorang yang berniat menjadi presiden KM ITB diwajibkan untuk mengumpulkan berkas syarat-syarat lantas dilakukan verifikasi oleh panitia pelaksana yang pada akhirnya bakal calon akan resmi menjadi calon setelah berkas yang dikumpulkan diverifikasi.

Verifikasi dan Validasi

Kenapa namanya verifikasi berkas? Mengapa bukan validasi berkas? Sebenarnya, dua hal tersebut berdekatan dan saling melengkapi. Verifikasi berarti membuktikan isi dari suatu hal itu benar adanya sedangkan validasi membuktikan bahwa hal tersebut adalah benar hal yang di maksud.
“Lho, kok bahas V&V? Mau maju untuk pemilu raya di ITB nanti ya mas?”
Tentu bukan, sama sekali bukan. Saya hanya sedang ingin bercerita salah satu pengalaman saya melakukan verifikasi.

Verifikasi Berkas Persyaratan Nikah

Kamis, 23 Juli 2015 nampaknya jadi salah satu hari yang menjadi cerminan akan diri saya, sesiap apa saya untuk benar-benar masuk ke dalam masyarakat. Bukan lagi berlindung dalam wadah simulasi bernama perguruan tinggi yang semua iklimnya dibuat se kondusif mungkin.
Ya, saya melakukan verifikasi berkas persyaratan untuk menikah pada tanggal 9 Agustus 2015 esok--mohon doa kawan-kawan agar kami mendapatkan kelancaran dan kemudahan. Hanya ada 5 orang yang ada di ruangan tersebut. Saya, calon istri saya, bapak calon istri saya, bapak penghulu, dan bapak verifikator berkas. Tak ada yang lain, tak ada mata yang sorot nya sangat tajam dan berjumlah puluhan. Pertanyaan sederhana, pertanyaannya tak panjang, jawabannya pun tak panjang-panjang amat. Namun sesungguhnya sensasi duduk di sana dan menjawab setiap pertanyaan yang ada jauh lebih mendebarkan daripada berdiri di depan ratusan kawan-kawan saya di kampus. Duh, apa iya sebegitunya? Lha, nanti pas ijab kabul seperti apa? Ini baru verifikasi berkas lho!
Kalau kalian tau, pertanyaan yang diajukan cukup gampang dijawab karena menyangkut tentang kita seperti nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua, agama, dan bukti bahwa kita beragama tersebut. Kemarin, saya disuruh bersyahadat dan mengartikan syahadat. Saya kira bapak itu bercanda tapi ternyata saya yang terlampau gugup dan gagal sepenuhnya dalam menerapkan olah rasa. Duh. Saya juga manusia yang sangat bisa untuk tidak tenang walaupun sudah disiapkan agar tetap tenang.

Verifikasi Berkas Pemilu Raya

Saya tidak tahu pasti bagaimana proses verifikasi berkas bakal calon di pemilu raya ITB nanti. Namun, yang saya tahu pada pemilu raya kemarin, calon tidak dilibatkan langsung dalam verifikasi, sepenuhnya murni dilimpahkan pada panitia dan tidak melakukan verifikasi dari berkas yang dikumpulkan – saya tidak pernah ditanya apakah pernah menandatangani lembar dukungan bakal calon presiden KM selama saya berkuliah di ITB. Artinya? Sangat mudah untuk melakukan manipulasi. Mungkin hal ini terkait dengan keterbatasan dari panitia yang sangat mungkin kekurangan tenaga. Bayangkan saja, ada ribuan hal yang harus dicek kebenarannya oleh mahasiswa yang juga punya beban akademik. Pun, ada ribuan data yang akan dipertanggungjawabkan oleh para bakal calon presiden nanti.

Doa Untuk Kawan

Saya yakin, mereka yang rela menjadi panitia dan mereka yang rela menjadi bakal calon presiden adalah orang-orang yang mulia yang mau memikirkan kepentingan ribuan mahasiswa. Saya yakin mereka adalah orang yang bertanggung jawab dan berani. Semoga kalian benar-benar mencoba bertanggung jawab terhadap ribuan mahasiswa yang akan berada dalam naungan kalian nanti. Semoga kalian selalu dikuatkan.

Salam,
Aryya Dwisatya W
I am out guys!


Comments

Popular posts from this blog

Tricky Installation RouterOS on Windows 10 using Hyper-V

Hi, After two days wondering and trying to find why i can't install RouterOS on Windows 10 using Hyper-V, i have found that the solution for undetected interface is very simple. It is jsut change from default Netowrk Adapter to Legacy Network Adapter. So, here is it, my new tutorial. Hope you enjoy and don't hesitate to ask.

Hari pertama : Salam kenal dari BangSat

Salam kenal, Ca-Kawan :D Setelah sekian lama nge-blog karena keinginan sendiri tanpa keterikatan dan tuntutan maka sekarang saya sedang mencoba menaklukkan tantangan Bang Claude yakni “ Tantangan Ngeblog 30 Hari ”. Maklum, orang bergolongan darah B kan suka tantangan :p. Kalau biasanya saya bisa ngeblog sesuka hati, maka sekarang saya harus ngeblog dengan beberapa kriteria yang mungkin tidak asing, tapi tak begitu mudah dilakukan. Konsisten dan On Demand . Inilah poin penting yang menurut saya menjadi dasar diadakannya chalange ini. Oke, nama saya Aryya Dwisatya Widigdha. Saya biasa dipanggil Yayak, Aryya, Dwi, Satya, Widi, atau bahkan BangSat. Tiap nama panggilan punya sejarah masing semisal Yayak adalah nama panggilan dari orang-orang yang paling pertama mengenal saya seperti orang tua, saudara, teman sejak TK/SD. Aryya, panggilan dari rekan-rekan SMP dan SMA. Dwi, Satya, dan Widi merupakan panggilan yang kerap kali dilayangkan oleh kawan-kawan blogger, pecinta IT, dan

Maniak-it.com Pindah

Maniak-it.com Pindah   Logo bangsatya.com Sehubungan dengan expired nya domain maniak-it.com maka maniak-it.com dipindah ke main.bangsatya.com . Sebenarnya bukan tanpa alasan memindahkan maniak-it.com ke main.bangsatya.com , banyak hal yang menjadi alasan pemindahan ini yaitu Maniak-it.com tidak terlalu sering diupdate sedangkan bangsatya.com begitu sering diupdate. Distribusi traffic tidak merata dan ingin dimeratakan hanya ke bangsatya.com Pendapatan adsense dari bangsatya.com jauh dari maniak-it.com sehingga diharapkan dengan beralihnya traffic maniak-it.com ke bangsatya.com maka pendapatan adsense makin meningkat. dll Nah, itu dia beberapa alasan dipindahnya maniak-it.com ke main.bangsatya.com. Jangan khawatir, layanan yang ada di maniak-it.com tetap bisa dinikmati di main.bangsatya.com tanpa terkecuali. Pengguna akan tetap bisa menikmati: Backlink generator : http://main.bangsatya.com/backlink-generator.php Proxy Checker : http://main.bangsatya.c