Skip to main content

Terima Kasih untuk Semester V



“Tulisan ini saya dedikasikan untuk seluruh anggota kelompok yang pernah bekerja sama dengan saya tanpa terkecuali pada semester ini. Sebagai salah satu wujud rasa terima kasih atas bantuan yang telah kalian berikat. Semoga kesuksesan menjadi miliki kita.”
Kami Adalah

1.       Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Berawal dari kelompok Dasar Rekayasa Perangkat Lunak pada semester 4, lima orang ini berkumpul untuk menerjang berbagai tugas mata kuliah ini. Wira (disebut pertama karena memang yang ini paling ambisius), Darwin, Melvin, Dede, Aryya adalah anggota dari tim ini. Mulai dari pembuatan business case, project charter, MOV, Scope Statement, WBS, List Activity, List of Priority Risk, dan beberapa hal lain, tim ini bekerja dan meberikan hasil yang nyata. Tugas sesuai dengan deadline. Terima kasih kepada Wira dengan ke ambisius-an-nya yang membuat anggotanya serasa dikejar. Terkadang perlu ada orang seperti Wira. Buat Dede, Darwin, dan Melvin, terima kasih karena bisa menjadi partner bekerja yang baik (baca: tidak se-ambisius Wira). haha. *bercanda doang Wir.

2.       Inteligensia Buatan
Awalnya benar-benar dengan mata kuliah ini, tapi makin ke akhir semester makin merasa bahwa mata kuliah ini adalah mata kuliah keren yang banyak manfaatnya. Kapan lagi bikin aplikasi News Aggregator yang bisa mengklasifikasikan berita dengan dasar pengetahuan J

Karena begitu banyak kelompok yang muncul selama tugas ini, berikut kawan-kawan yang telah membantu saya selama satu semester.

3.       Astronomi Lingkungan
Bila ada special thanks yang harus saya berikan pada rekan saya di mata kuliah ini maka special thanks itu akan saya berikan kepada Fauzan Hilmi Ramadhian. Jujur saja, kalau tidak ada Ojan, yang sekarang jadi timses saya di pemilihan ketua Himpunan Informatika, bisa jadi saya akan sebatangkara dalam mengerjakan tugas video Astronomi Lingkungan. Video yang bertemakan polusi cahaya dan harus mengedukasi penonton tentang polusi cahaya kami kerjakan (baca: mostly dikerjakan Ojan) dengan dua orang saja. Padahal, jumlah anggota kelompok yang dimungkinkan mencapai tujuh orang. Hal ini terjadi karena kawan sejurusan kami semua telah memiliki kelompok yang lengkap tujuh sehingga tinggal kami berdua yang belum memiliki kelompok. Merasa memiliki kesamaan nasib, akhirnya kami membentuk kelompok kami sendiri. Berikut adalah hasil kerja kami.

4.       Kewarganegaraan
“Awas, kalau tidak mengikuti presentasi, nanti pasti langsung dapat C.”, rumor yang beredar mengenai mata kuliah ini terlebih untuk kelas yang dibimbing oleh salah satu dosen.

Ada satu tugas besar selama satu semester yang dikerjakan secara berkelompok yakni tugas membuat makalah dan melakukan presentasi mengenai makalah tersebut. Terima kasih saja ucapkan kepada rekan-rekan saya yang telah sangat apik dalam membuat makalah dan presentasi yang menurut saya sangat keren.

Terima kasih saya ucapkan kepada Afik, Hendro, Ojan, Yoga, Prabhas, Ibnu, Dede, dan Kevin. Berkat kalian, pembuatan dan presentasi makalah yang berjudul “Peranan dan Posisi Pers dalam Mewujudkan Good Governance.” dapat tercapai.

5.       Jaringan komputer
Setiap mata kuliah dari Laboratorium Sistem Terdistribusi memang selalu sesuatu. Demikian pun mata kuliah jaringan Komputer. Pada mata kuliah ini terdapat dua tugas besar yang harus kami kerjakan dan sebenarnya dua-duanya seru.
A.      Simulasi Jaringan
Pada  tugas besar pertama, kami diberikan sebuah blok IP address yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer antar laboratorium dengan jumlah komputer yang telah ditetapkan. Cukup seru memang tugas besar yang satu ini. berbekal Netkit dan tutorial dari Kak Setyo, alhamdulillah tugas ini dapat dikerjakan dengan baik. Dua orang yang menjadi partner saya dalam tugas ini adalah Melvin dan Linda.
Mungkin saya agak ngawur, tapi bila tahun depan sudah muncul routing simulation application untuk IPv6, sepertinya asisten JarKom tidak akan segan memberikan tugas serupa tapi untuk IPv6 :v
B.      LINE like Messaging Application
“Setiap orang memiliki keahliannya masing-masing.”
Kutipan tersebut nampaknya berlaku pada saya karena pada tugas kali ini saya sangat kurang berkontribusi. Special thanks to Riky dan Dede yang telah sabar dalam membimbing saya selama mengerjakan tugas ini. 

6.       Web Based Development
“Tiga buah tugas besar, tiga orang anggota kelompok, dan nomor urut tiga dalam pemilu ketua himpunan.”
Saya ucapkan terima kasih kepada Ojan dan Ilmi atas bantuan dan kesetiannya menjadi partner saya untuk mata kuliah ini. Dimulai pada tugas besar II yakni membuat Simple Blog menggunakan JSP akhirnya saya belajar banyak tentang Java. Terlebih di akhir perkuliahan muncul tugas besar III yakni membuat Simple Blog dengan mengimplementasikan Web Service dan mendeploynya di cloud. Saat itulah saya baru berkenalan dengan Heroku dan Firebase. Sungguh perkenalan yang menyenangkan.
Hilmi Ojan
7.       Manajemen Basis Data
Hanya ada satu tugas besar pada mata kuliah ini. Sekalinya muncul, harus ada studi lapangan untuk mendapatkan data. Terima kasih untuk kawan-kawan yang telah menyadarkan saya untuk tidak menggunakan 180 tabel pada suatu database. Terima kasih untuk kerja kerasnya. J

8.       Interaksi Manusia dan Komputer
Salah satu mata kuliah yang setiap minggu selalu ada tugas adalah IMK. Biasanya hari minggu sudah keluar tugas baru padahal tugas yang lama belum tuntas. Namun, berkat bantuan dari rekan-rekan yang strong, tugas-tugas tersebut dapat dikerjakan dengan baik. Jasa kalian tidak akan aku lupakan kawan.

Terima Kasih








Salam,
Aryya Dwisatya Widigdha

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe