Skip to main content

Terima Kasih untuk Semester V



“Tulisan ini saya dedikasikan untuk seluruh anggota kelompok yang pernah bekerja sama dengan saya tanpa terkecuali pada semester ini. Sebagai salah satu wujud rasa terima kasih atas bantuan yang telah kalian berikat. Semoga kesuksesan menjadi miliki kita.”
Kami Adalah

1.       Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Berawal dari kelompok Dasar Rekayasa Perangkat Lunak pada semester 4, lima orang ini berkumpul untuk menerjang berbagai tugas mata kuliah ini. Wira (disebut pertama karena memang yang ini paling ambisius), Darwin, Melvin, Dede, Aryya adalah anggota dari tim ini. Mulai dari pembuatan business case, project charter, MOV, Scope Statement, WBS, List Activity, List of Priority Risk, dan beberapa hal lain, tim ini bekerja dan meberikan hasil yang nyata. Tugas sesuai dengan deadline. Terima kasih kepada Wira dengan ke ambisius-an-nya yang membuat anggotanya serasa dikejar. Terkadang perlu ada orang seperti Wira. Buat Dede, Darwin, dan Melvin, terima kasih karena bisa menjadi partner bekerja yang baik (baca: tidak se-ambisius Wira). haha. *bercanda doang Wir.

2.       Inteligensia Buatan
Awalnya benar-benar dengan mata kuliah ini, tapi makin ke akhir semester makin merasa bahwa mata kuliah ini adalah mata kuliah keren yang banyak manfaatnya. Kapan lagi bikin aplikasi News Aggregator yang bisa mengklasifikasikan berita dengan dasar pengetahuan J

Karena begitu banyak kelompok yang muncul selama tugas ini, berikut kawan-kawan yang telah membantu saya selama satu semester.

3.       Astronomi Lingkungan
Bila ada special thanks yang harus saya berikan pada rekan saya di mata kuliah ini maka special thanks itu akan saya berikan kepada Fauzan Hilmi Ramadhian. Jujur saja, kalau tidak ada Ojan, yang sekarang jadi timses saya di pemilihan ketua Himpunan Informatika, bisa jadi saya akan sebatangkara dalam mengerjakan tugas video Astronomi Lingkungan. Video yang bertemakan polusi cahaya dan harus mengedukasi penonton tentang polusi cahaya kami kerjakan (baca: mostly dikerjakan Ojan) dengan dua orang saja. Padahal, jumlah anggota kelompok yang dimungkinkan mencapai tujuh orang. Hal ini terjadi karena kawan sejurusan kami semua telah memiliki kelompok yang lengkap tujuh sehingga tinggal kami berdua yang belum memiliki kelompok. Merasa memiliki kesamaan nasib, akhirnya kami membentuk kelompok kami sendiri. Berikut adalah hasil kerja kami.

4.       Kewarganegaraan
“Awas, kalau tidak mengikuti presentasi, nanti pasti langsung dapat C.”, rumor yang beredar mengenai mata kuliah ini terlebih untuk kelas yang dibimbing oleh salah satu dosen.

Ada satu tugas besar selama satu semester yang dikerjakan secara berkelompok yakni tugas membuat makalah dan melakukan presentasi mengenai makalah tersebut. Terima kasih saja ucapkan kepada rekan-rekan saya yang telah sangat apik dalam membuat makalah dan presentasi yang menurut saya sangat keren.

Terima kasih saya ucapkan kepada Afik, Hendro, Ojan, Yoga, Prabhas, Ibnu, Dede, dan Kevin. Berkat kalian, pembuatan dan presentasi makalah yang berjudul “Peranan dan Posisi Pers dalam Mewujudkan Good Governance.” dapat tercapai.

5.       Jaringan komputer
Setiap mata kuliah dari Laboratorium Sistem Terdistribusi memang selalu sesuatu. Demikian pun mata kuliah jaringan Komputer. Pada mata kuliah ini terdapat dua tugas besar yang harus kami kerjakan dan sebenarnya dua-duanya seru.
A.      Simulasi Jaringan
Pada  tugas besar pertama, kami diberikan sebuah blok IP address yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer antar laboratorium dengan jumlah komputer yang telah ditetapkan. Cukup seru memang tugas besar yang satu ini. berbekal Netkit dan tutorial dari Kak Setyo, alhamdulillah tugas ini dapat dikerjakan dengan baik. Dua orang yang menjadi partner saya dalam tugas ini adalah Melvin dan Linda.
Mungkin saya agak ngawur, tapi bila tahun depan sudah muncul routing simulation application untuk IPv6, sepertinya asisten JarKom tidak akan segan memberikan tugas serupa tapi untuk IPv6 :v
B.      LINE like Messaging Application
“Setiap orang memiliki keahliannya masing-masing.”
Kutipan tersebut nampaknya berlaku pada saya karena pada tugas kali ini saya sangat kurang berkontribusi. Special thanks to Riky dan Dede yang telah sabar dalam membimbing saya selama mengerjakan tugas ini. 

6.       Web Based Development
“Tiga buah tugas besar, tiga orang anggota kelompok, dan nomor urut tiga dalam pemilu ketua himpunan.”
Saya ucapkan terima kasih kepada Ojan dan Ilmi atas bantuan dan kesetiannya menjadi partner saya untuk mata kuliah ini. Dimulai pada tugas besar II yakni membuat Simple Blog menggunakan JSP akhirnya saya belajar banyak tentang Java. Terlebih di akhir perkuliahan muncul tugas besar III yakni membuat Simple Blog dengan mengimplementasikan Web Service dan mendeploynya di cloud. Saat itulah saya baru berkenalan dengan Heroku dan Firebase. Sungguh perkenalan yang menyenangkan.
Hilmi Ojan
7.       Manajemen Basis Data
Hanya ada satu tugas besar pada mata kuliah ini. Sekalinya muncul, harus ada studi lapangan untuk mendapatkan data. Terima kasih untuk kawan-kawan yang telah menyadarkan saya untuk tidak menggunakan 180 tabel pada suatu database. Terima kasih untuk kerja kerasnya. J

8.       Interaksi Manusia dan Komputer
Salah satu mata kuliah yang setiap minggu selalu ada tugas adalah IMK. Biasanya hari minggu sudah keluar tugas baru padahal tugas yang lama belum tuntas. Namun, berkat bantuan dari rekan-rekan yang strong, tugas-tugas tersebut dapat dikerjakan dengan baik. Jasa kalian tidak akan aku lupakan kawan.

Terima Kasih








Salam,
Aryya Dwisatya Widigdha

Comments

Popular posts from this blog

Tricky Installation RouterOS on Windows 10 using Hyper-V

Hi, After two days wondering and trying to find why i can't install RouterOS on Windows 10 using Hyper-V, i have found that the solution for undetected interface is very simple. It is jsut change from default Netowrk Adapter to Legacy Network Adapter. So, here is it, my new tutorial. Hope you enjoy and don't hesitate to ask.

Hari pertama : Salam kenal dari BangSat

Salam kenal, Ca-Kawan :D Setelah sekian lama nge-blog karena keinginan sendiri tanpa keterikatan dan tuntutan maka sekarang saya sedang mencoba menaklukkan tantangan Bang Claude yakni “ Tantangan Ngeblog 30 Hari ”. Maklum, orang bergolongan darah B kan suka tantangan :p. Kalau biasanya saya bisa ngeblog sesuka hati, maka sekarang saya harus ngeblog dengan beberapa kriteria yang mungkin tidak asing, tapi tak begitu mudah dilakukan. Konsisten dan On Demand . Inilah poin penting yang menurut saya menjadi dasar diadakannya chalange ini. Oke, nama saya Aryya Dwisatya Widigdha. Saya biasa dipanggil Yayak, Aryya, Dwi, Satya, Widi, atau bahkan BangSat. Tiap nama panggilan punya sejarah masing semisal Yayak adalah nama panggilan dari orang-orang yang paling pertama mengenal saya seperti orang tua, saudara, teman sejak TK/SD. Aryya, panggilan dari rekan-rekan SMP dan SMA. Dwi, Satya, dan Widi merupakan panggilan yang kerap kali dilayangkan oleh kawan-kawan blogger, pecinta IT, dan

Maniak-it.com Pindah

Maniak-it.com Pindah   Logo bangsatya.com Sehubungan dengan expired nya domain maniak-it.com maka maniak-it.com dipindah ke main.bangsatya.com . Sebenarnya bukan tanpa alasan memindahkan maniak-it.com ke main.bangsatya.com , banyak hal yang menjadi alasan pemindahan ini yaitu Maniak-it.com tidak terlalu sering diupdate sedangkan bangsatya.com begitu sering diupdate. Distribusi traffic tidak merata dan ingin dimeratakan hanya ke bangsatya.com Pendapatan adsense dari bangsatya.com jauh dari maniak-it.com sehingga diharapkan dengan beralihnya traffic maniak-it.com ke bangsatya.com maka pendapatan adsense makin meningkat. dll Nah, itu dia beberapa alasan dipindahnya maniak-it.com ke main.bangsatya.com. Jangan khawatir, layanan yang ada di maniak-it.com tetap bisa dinikmati di main.bangsatya.com tanpa terkecuali. Pengguna akan tetap bisa menikmati: Backlink generator : http://main.bangsatya.com/backlink-generator.php Proxy Checker : http://main.bangsatya.c