Skip to main content

Mengingat 2021

Satu tahun, 365 hari, dan lebih dari 8700 jam. 2021 adalah tahun kedua pandemi dan tahun pertama sejak hijrah dari Bandung. Paling tidak, ada banyak hal yang terjadi dan tercapai di tahun kemarin. Sebagai pengingat, akan saya tuliskan di postingan ini.

Januari

Tidak banyak hal berubah di bulan ini, tapi untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun, bisa melewati pergantian tahun tidak lagi hanya bertiga di Bandung melainkan bersama orang tua di Lumajang. Berbagai pace hidup yang awalnya sangat cepat dan menekan di Bandung, perlahan berubah setelah pulang. Bulan ini pula resmi menjadi remote worker dengan kantor di Bandung.

Di bulan Januari pula, untuk pertama kalinya saya kembali membiasakan diri untuk bersepeda setelah vakum bertahun-tahun. Di Bandung, sama sekali tidak pernah bersepeda untuk olahraga, 2020 apalagi, hanya di rumah, olah raga sangat kurang. Beruntung, pulang menjadikan olahraga mungkin dilakukan.

Bersepeda pertama di Bondowoso, short ride 10km.


Februari

Tidak banyak hal yang berubah di bulan ini, hanya beberapa hal kecil seperti bersepeda ke tempat yang jauh dan tanjakannya lumayan, Pura Mandara Giri Semeru Agung.


Maret

Di bulan ini, rasanya saya mulai belajar menyetir mobil dan mulai mengambil sim A dan sim C yang sudah habis karena tidak diperpanjang 2020 lalu. Hasilnya? Mengulang, karena gagal di ujian praktik.

Di bulan ini, Nova beli laptop baru, thinkpad second yang saya install Xubuntu. Biar dia belajar dan familiar dengan Linux based OS. Plus, gratis tanpa harus beli lisensi. 

April

Salah satu hal yang tidak direncanakan, tapi saya lakukan yaitu resign dari kantor saya di Bandung. Sejak masuk di Februari 2016, untuk pertama kalinya saya kepikiran resign. Itu juga tidak direncanakan, karena coba-coba apply ke remote working sebagai DevOps Engineer ke perusahaan di Singapura. Alhamdulillah lolos dan pastinya harus resign dari kantor saat itu. Hari terakhir ngantor kalau tidak salah 30 April 2021. 

Kalau dipikir-pikir, lumayan lama juga ya di satu kantor sampai 5 tahun. Mungkin memang, karena di Bandung, dan lingkungannya nyaman, jadinya betah. Tapi toh, senyaman-nyamannya Bandung,masih nyaman dekat dengan keluarga. Bulan ini, bisa merayakan ulang tahun Aya dengan proper beserta kue, lilin, balon, dan kakek-nenek nya.

Selain itu, bulan ini juga beres handle tanggung jawab di SNMPTN 2021. So far lancar dan menyenangkan. 

Mei

Perjalanan di kantor baru yang harus ngomong pakai Bahasa Inggris. Ngomongnya sih lumayan,walaupun di awal-awal pasti ada gugup karena bukan bahasa sehari-hari, tapi yang paling perlu penyesuaian itu untuk listening karena logat lawan bicaranya macam-macam. 

Yang tidak kalah penting, bisa lebaran di Lumajang rame-rame dengan Aya. Sebelumnya selalu lebaran di Bandung atau di Bondowoso. Akhirnya tahun ini bisa lebaran di Lumajang.

Juni

Dapat vaksin Sinovac. Alhamdulillah bisa dapet dari jatah vaksin umum di Polres. Bulan ini juga, alhamdulillah lolos ujian sim C dan bisa lebih tenang kalau berkendara. Murah kalau enggak pake calo.

Selain itu, di bulan ini juga ngerasain gaji sebagai remote DevOps Engineer, hehe.

Juli

Lolos ujian SIM A. Setelah lebih dari lima kali gagal pakai mobil yang disediakan, sekalinya pakai mobil sendiri lulus. Tahu gitu kan pakai mobil sendiri dari awal kwkwkw.  Tapi memang, kelulusan SIM A bulan ini bener-bener pas dengan kebutuhan harus wira-wiri pakai mobil.

Agustus

-

September

Ulang tahun. Plus, jalan-jalan ke Pantai Pasir Putih Situbondo



Oktober

Bekerja dengan giat seperti biasa

November

Implusif beli sepeda baru dengan harga x saja kwkwkw. Entah kenapa saya punya angka psikologis yang tidak bisa ditembus kalau untuk beli-beli keperluan pribadi.


Dengan sepeda baru itu juga bisa sampai ke Loji Besuksat yang lokasinya dekat Gunung Semeru. Nanjaknya minta ampun hehe.



Hal sedih yang terjadi di bulan ini, laptop HP 2570p yang saya pakai sejak Desember 2016 rusak tiba-tiba. Alhasil harus beli laptop lagi, second thinkpad x250. Karena dari kantor ada laptop juga, jadi untuk kebutuhan personal, sudah cukup lah dengan laptop itu. 


Desember

Bekerja dengan giat seperti biasa dan makin menikmati masa-masa tenang karena banyak liburan. Salah satunya nyobain steak impor di salah satu resto di Bondowoso. Enak? Enak. Tapi bukan yang jadi mau tiap bulan makan lagi. Lebih seneng gule atau sate kambing hahaha.

Hal membahagiakan lain, youtube channel sudah bisa dimonetisasi:

Setelah sekian lama menunggu 1000 subscriber dan 10rb jam tanyang. Kalau kalian cari tutorial tentang cloud, python, selenium, big data analytic, silahkan mampir dan subscribe ya http://www.youtube.com/channel/UCApg6-IAzDl41f1H4dr-c8g

Itu aja cerita yang bisa ditulis di sini, banyak hal yang tidak dituliskan karena lebih bersifat internal saja. Semoga 2022 semakin memberikan keberkahan untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe