Skip to main content

Mengapa Kita Harus Mencoba Bekerja Paruh Waktu

via https://media.licdn.com/mpr/mpr/p/5/005/07f/059/2d19d9e.jpg
Masa-masa kuliah tingkat IV ini sepertinya lebih “manusiawi” daripada perkuliahan pada semester sebelumnya. Walaupun SKS yang diambil sama, saat ini saya mengambil hanya 20 SKS, tapi rasanya beban perkuliahan semester ini lebih manusiawi. Ya bayangkan saja, dari 20 SKS, 4 SKS tidak selalu ada waktu tatap muka, hanya tugas sesekali saja. Jadinya serasa 16 SKS, dan benar-benar jauh lebih terasa santai daripada semester sebelum-sebelumnya walaupun beban perkuliahan semester ini tidak kalah berat.

What really dangerous for you is
Saya pernah membaca entah di mana, bahwa yang lebih berbahaya dari waktu sibuk adalah waktu senggang. Well, saat waktu senggang inilah kita merasa bebas dari berbagai hal dan merasa semua baik-baik saja tanpa tuntutan padahal nyatanya ada banyak hal yang harus dikerjakan dan kita bereskan. Menjalani perkuliahan yang serasa 16 SKS ini berpotensi untuk bermalas-malasan, mager, merasa tidak ada kejaran apa-apa, dan sebagainya. Akhirnya? Tidak produktif.

Make use of our spare time
Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan waktu luang. Ada yang naik gunung, ada yang ikutan lomba, ada yang berorganisasi atau berkepanitian, dan lain sebagainya. Namun, ada juga cara  yang cukup perlu dipertimbangkan untuk mengisi waktu luang yakni bekerja paruh waktu.

Mengapa Harus Bekerja Paruh Waktu
Saya cukup ngeri ketika melihat daftar lowongan pekerjaan di grup Facebook yang isinya mahasiswa aktif dan alumni dari kampus saya. Lha, bagaimana tidak ngeri, ketika ada lowongan pekerjaan, syarat yang banyak saya temui adalah, “berpengalaman dalam bidangnya minimal selama … tahun” Ada yang mensyaratkan setahun, ada yang mensyaratkan dua tahun ,dan seterusnya. Lha, mas, saya ini belum lulus dan ketika nanti lulus dan cari kerja, ya mana bisa lolos syarat administratif, kan masih fresh graduate, belum ada pengalaman profesional dalam bidangnya.

Akhirnya, saya pun mencoba peruntungan saya untuk bekerja paruh waktu, alhamdulillah, sudah jalan tujuh bulan. Senang? Senang! Dapat uang? Dapat! Ngeganggu kuliah? Hm..pertanyaan yang sering sekali ditanyakan. Saya jadi teringat perkataan dosen saya dulu ketika berbagi pengalaman dalam menangani proyek, “ayo, kalau kalian mau proyekan, bareng sama saya, pasti bakal ngeganggu kuliah, tapi seberapa mengganggunya itu perkara lain.” Iya, semengganggu apa itu adalah perkara lain. Bisa jadi sangat kecil gangguannya, tapi jelas ada gangguannya, logika saja, waktu mengerjakan tugas dan belajar menjadi berkurang. Syukur syukur kalau yang dikerjakan itu inline dengan materi kuliah, jadinya win-win solution.

Nah, ada beberapa manfaat yang saya dapatkan selama bekerja paruh waktu ini yakni
Materi
Materi adalah hal wajib walaupun bukan yang utama, tapi ya masak sih bekerja paruh waktu tidak dihargai? Hehe. Untungnya, kerja paruh waktu saya dihargai di atas UMK Kota Bandung walaupun dengan waktu kerja yang sangat minim dan fleksibel, hanya sekitar 32 jam per minggu bulan. Hahaha, alhamdulillah.

Network
Kecuali saya bekerja dengan mesin terus menerus maka saya tidak akan mendapatkan kenalan baru. Untungnya pekerjaan saya ini masih memberi kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga ya dari tak kenal jadi kenal, dari tak dekat jadi lebih dekat. Kalau ada apa-apa, bisa lah ya minta bantuan.

Experience
Ada yang bilang bahwa apa yang kita dapatkan di kuliah tidak semuanya relevan dengan dunia kerja. Ya bisa jadi benar, tapi selama ini, paling tidak apa yang saya dapat di kuliah bisa diterapkan di pekerjaan ini walaupun banyak teori-teori yang harus di skip. Hahaha. Lumayan kan kalau saya lulus Juli 2016 (amin, insyaallah) sudah ada pengalaman kerja selama satu tahun setengah.

Itulah beberapa keuntungan bekerja paruh waktu yang saya dapatkan. Tentu, ada kerugian nya juga seperti berkurangnya waktu. Entah itu waktu bermain atau waktu untuk tidur. Tapi ya selama bisa membagi semua waktu itu, everything will be ok.

Salam,
Aryya Dwisatya W
Tulisan ini dibuat dalam waktu sekitar 28 menit.

Comments

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Mengenal Bener dan Pener

Pendahuluan Beberapa waktu yang lalu ramai jadi perbincangan tentang pernyataan agama yang tidak mewajibkan warung-warung untuk tutup ketika bulan Ramadhan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Namun lagi-lagi, pernyataan apapun bisa diinterpretasikan berbeda dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Screenshot Twit Mencoba Berpikir Namun kawan, apakah yang disampaikan oleh Pak Lukman tersebut salah? Saya pribadi menilai bahwa yang disampaikan oleh beliau tidak salah sama sekali. Pun, sebelum ini, sebelum pernyataan tersebut keluar kita santai-santai saja ketika ada warung buka ketika bulan Ramadhan, dengan catatan. Dengan catatan di sini berarti sang pengelola warung mengerti antara bener dan pener seperti yang dimengerti oleh orang jawa. Bener lan Pener Orang Jawa memahami bukan hanya tentang bener melainkan juga pener. Bener dapat diartikan betul, tidak salah sedangkan pener dapat diartikan sesuai atau tepat. Bila digambarkan dalam skema pe