Skip to main content

Penutup Perkuliahan Tingkat II Informatika



Penutup Perkuliahan Tingkat II Informatika


Tulisan ini dibuat dengan kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Setelah draft tulisan yang sudah saya tulis dengan panjang lebar hilang, saya mencoba menulis ulang tulisan ini dengan perasaan yang sama.
Tak terasa, perkuliahan tingkat II sudah sampai di penghujungnya. Tepatnya tadi malam, tepat pulul 23.59 adalah deadline pengumpulan tugas besarsalah satu mata kuliah yang menjadi penanda bahwa tidak ada tugas besar lagi pada semester ini, pada tingkat II ini.
Tak terasa, benar-benar tak terasa bahwa perkuliahan tingkat II sudah berakhir dan kami menuju perkuliahan tingkat III informatika. Padahal rasanya baru kemarin saya merasakan semester dengan tugas besar yang jumlahnya hanya satu. Kini saya sudah harus merasakan semester dengan tugas besar yang jumlahnya meningkat tanpa pola yakni dari satu tugas besar di semester III menjadi 11 tugas tugas besar di semester IV, penutup tingkat II saya.
Tak terasa, lagi-lagi tak terasa padahal rasanya baru kemarin saya terbiasa tidur malam bahkan tidak tidur walaupun jarang dan menginap di sekre himpunan untuk mengerjakan tugas atau sekedar bermain agar tidak terlambat masuk kelas dan ujian. Namun, kini ternyata saya dan kawan-kawan sudah sampai di penghujung tingkat II. Tinggal liburan dan kami pun masuk ke tingkat III. Tak terasa kawan.

 Hard Skill Improved

Jujur saja, perkuliahan di tingkat II ini memang sedikit ada anomali ketika saya meninjau tugas yang diberikan antara semester III dan semester IV. Dari semester III yang hanya ada satu tugas ebsar dari satu mata kuliah, pada semester ini justru setiap mata kuliah memiliki tugas besar dan ada satu mata kuliah yang memberikan lebih dari dua tugas besar. Sangat puas!
Namun, hal tersebut justru sangat saya syukuri karena akibat tugas yang bertubi-tubi tersebut hard skill programming saya meningkat. Dari yang awalnya saya hanya bisa sedikit C pada awal semester IV kini saya sudah bisa beberapa bahasa lainnya seperti C++, C#, dan Java. Betapa tidak, tugas besar yang jumlahnya tidak karuan dan keaktifan yang tidak bisa dikontrol menuntut saya dan kawan-kawan untuk mengerti. Saya akan coba jelaskan dengan tabel tugas besar berikut ini.
Nama Mata Kuliah
Jumlah Tugas Besar
Jumlah Tugas Kecil
Strategi Algoritma
3
3
Object Oriented Programming
2

Sistem Operasi
2

Basis Data
1
Ada tugas kecil pendahulu sebagai rangkaian tugas besar
Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
1
Ada tugas kecil pendahulu sebagai rangkaian tugas besar
Teori Bahasa Formal dan otomata
2

See, ada sebelas tugas besar yang harus saya dan kawan-kawan selesaikan pada semester ini dan setiap tugas besar biasanya didahului dnegan tugas kecil sebagai pemeriah. Hal inilah yang membuat hard skill saya meningkat tajam dari awal semester IV karena untuks etiap tugas ebsar biasanya diberikan bahasa pemrograman spesifik. Sebagai contoh, untuk tugas kecil  Strategi Algoritma yang pertama dan tugas besar Sistem Operasi kami dwajibkan menggunakan bahasa C, C# untuk tugas besar Strategi Algoritma kedua, C++ untuk tugas besr pertama OOP, Strategi Algoritma, dan TBFO, dan Java untuk tugas besar kedua OOP, TBFO, dan tugas besar Strategi Algoritma yang ketiga. Justru, ketika setelah melewati semester ini tidak ada peningkatan hard skill, berarti ada yang salah selama satu semester ini.

Soft Skill Developed

Meskipun begitu banyak tugas besar dan kecil yang menerjang, alhamdulillah saya masih bisa survive sampai sekarang. Tentu, hal ini tidak lepas dari peran kawan-kawan dalam kelompok untuk masung-masing mata kuliah. Berikut ini adalah potret orang-orang hebat yang menemani saya berkembang selama satu semester ini.
Pembacaan foto dimulai dari kiri atas ke kanan bawah.

Dasar Rekayasa Perangkat Lunak




Untuk mata kuliah ini saya memiliki kelompok beranggotakan lima orang dengan akrakter yang berbeda-beda. Wira si kapten, dia yang paling patut dicontoh dalam pengerjaan tugas. Betapa tidak, dari kelima orang, dia yang paling tidak suka deadliner hingga meskipun masih jauh dari deadline dia sudah mengajak kumpul untuk mengerjakan tugas. Namun sayang, kisah asmaranya kurang baik. Darwin, pemuda yang isunya merupakan duplikasi Wakil Gubernur Jakarta ini merupakan sosok pribadi yang kalem. Meskipun begitu, otaknya tidak pernah kalem ketika mengerjakan tugas. Melvin, dari semua anggota kelompok, sepertinya dia yang paling gaul dan rame. Dia yang punya kakak yang sangat mirip dengannya di IF’10. Dede, lelaki yang sedang menjalani LDR ini sangat sering tertawa kurang jelas. Namun, ketika mengerjakan tugas hasilnya kebanyakan jelas. 

Melalui kelompok ini saya berhasil membuat SKPL, DPPL,dan Dokumen Pengujian Sistem Percetakan Online.

Basis Data

Bisa dibilang, kelompok basis data saya adalah kelompok tua karena mayoritas anggotanya lahir apda tahun 1993. Ampuni saya kawan-kawan, :p. Fyi, semua anggota kelompok  ini berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, oleh karenanya ketia kumpul kelompok kami sangat sering menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi. Paling tidak itu bisa sedikit mengobati rindu kampung halaman.
Oke, di kelompok ini ada si Tegar yang sangat suka bilang ,”Enggak cooy” sambil pasang muka dengan kesan sedikit penolakan, Yoga yang baru aja  menang lomba robot tingkat regional dan paling enggak suka dibilang tua dan paling suka bilang , “Diih”, dan Dede yang penjelasannya kali ini akan di skip.
Bersama kelompok inilah tercipta simulasi perancangand atabase untuk penerbitan buku.

Operating System

Masih ada satu pemain lama di kelompok OS saya kali ini, sehingga penjelasan tentang Dede saya skip lagi.
Untuk tugas besar 1 tentang System Call, saya berkerja sama dnegan Dede dan Afik, wanita yang isunya juara taekwondo. Sedangkan pada tugas ebsar kedua tentang Filesystem saya berkerja sama dengan Giang dan Fauzan, penjelasan mengenai mereka berdua akan saya pending untuk bagian selanjutnya.

Teori Bahasa Formal dan Otomata

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang diajarkan oleh dosen favorit saya, Bu Ayu Purwarianti. ~sebenarnya favorit saya dan ratusan mahasiswa lain~
Mata kuliah ini memiliki dua tugas besar yakni yang pertama adalah simulasi perempatan menggunakan bahasa C++, Windows Form, dan menerapkan prinsip Finite Automata. Untuk tugas besar ini saya dikawani oleh Mario Filio. Btw, dia mirip sama temen kami seangkatan yang bernama Anda.
Untuk tugas besar kedua saya bekerja bersama Ardi si jago terompet dan plaboy serta Steve si bobotoh asli, silahkan tanya kapan Persib tanding dan dia akan memberikan jawaban seperti air yang mengalir, tak terbendung.

Object Oriented Programming

Kalau ditanya kelompok ini seperti apa, maka saya akan jawab bahwa kelompok ini adalah kelompok yang hectic nya paling terakhir. Bagaimana lagi, deadline tugas besarnya aja tadi malam :p
Pada mata kuliah ini saya berkesempatan merasakan bekerja bersama para dewa-dewi di Informatika. Mari saya jelaskan pernyataan saya tersebut. Pada tugas besar II tadi, ada Gilang si bocah yang sangat fast-learner,diajarin socket dikit aja udah bisa bikin macem-macem, pokoknya kalau tanya OOP sama Java biasanya ada 4 referensi utama di sekre 2 yakni Riady, Zaky, Ilmy, dan Gilang. Mamat, yang ini imba juga karena sudah membangun rumah tangga ~duh ane diduluin~, tapi selain itu untuk programming dia juga jago. Luthfi, si dewa dari antah berantah ini paling banyak bisa; networking oke, programming oke, hacking oke, travelling oke; entah apa kurangnya. Rosi, gadis yang isunya adalah selingkuhan dari Luthfi (ini isu yang gue adain sih, di internal kelompok) adalah dewa dalam hal design. Kalau ada urusan design men design udah, panggila aj namanya 4x dan dia akan datang di panggilan kelima. Oh iya, tugas ebsar II kami adalah Aplikasi Percetakan Online merealisasikan tugas DRPL. Silahkan cek di https://github.com/GilangJulianS/if2210-tubes2 bila berminat mengembangkan.

Strategi Algoritma

Akhirnya, sampailah kita pada mata kuliah dengan jumlah tugas terbanyak semester ini yakni tiga buah dan tugas kecil yang jumlahnya sama.
Jujur, saya hanya butiran debu bila harus bekerja sendiri pada mata kuliah ini. Untungnya saya memiliki kelompok yang bisa membantu saya berjalan dan memberikan suasana kerja yang nyaman dengan segala canda tawanya.
Pada tugas besar 1, kami mendapatkan tugas untuk membuat game Treasure hunter yang menerapkan algoritma greedy untuk mendapatkan harta terbanyak dengan modal sesedikit mungkin dengan dua pendekatan dari ajrak ke harga ataupun value si harta. Mamat ~skip, sudah dijelaskan. Joshua, nah ini dia salah satu sosok inspiratif di IF, dia yang bisa masuk ke semua kalangan di angkatan saya dan sok anti sosial padahal ya enggak.
Bila ditanya siapa yang paling enggak jelas di kelompok Tugas Besar 2 Stima ini jawabnya adalah Aji. Bayangin aja, dikit-dikit dia pasti tanya ke orang, “Ajarin jadi dewa dong.”. Wlaaupun gitu, untuk masalah kerjaan dia bisa diandalkan dan bertanggung jawab walaupun dengan sedikit penyimpangan. Btw, Aji itu yang sebelah kanan. Yanfa, ini salah satu kawan bagik gue yang jagonya juga enggak ketulungan. Jago programming dan juga punya minat yang tinggi di keprofesian.
Untuk tugas ini kami membuat Web Crawler menggunakan C# menerapkan konsep BFS dan DFS untuk pencarian dan pembangkitan link. Video nya bisa ditonton di http://www.youtube.com/watch?v=FkBokCdmaW4
Fauzan, pemuda berprestasi Sukabumi adalah satu dari dua rekan tim saya di tugas besar III Stima ini. Walaupun terlihat seperti bocah, tapi kemampuan nya seperti dewa. Fahziar, lelaki yang nampaknya diam bila diamati sekilas ini memang pintar menipu. Sok diam padahal ketiak di depan laptop enggak bisa diam, tiba-tiba program udah jadi ada. Selain itu, dia juga mahir main gitar dan bass. Nah untuk kali ini kami mendapat tugas untuk membuat sebuah aplikasi tweet analytic yakni analisa tweet di twitter menggunakan prinsip string matching dan KMP / Boyer-Moore dalam pencariannya. Silahkan tonton videonya di http://www.youtube.com/watch?v=3yoKsUG9NjQ

Terima kasih

Mungkin sementara ini hanya tulisan ini yang bisa saya buat untuk kalian semua sebagai bentuk apresiasi saya atas kerja sama kita selama ini. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Salam,

Aryya Dwisatya Widigdha

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. pengalaman yang menarik sob,, :D ane juga pengen belajar pemograman tpi sayang gak bisa kuliah di jurusan TI x_x
    salam dari blogger lumajang sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak slide yang bertebaran kok bro. Silahkan aja belajar kalau emang pingin.
      Contoh web yang menyediakan side kuliah kami: informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/

      Delete

Post a Comment

Tanggapilah, dengan begitu saya tahu apa yang ada dalam pikiranmu

Popular posts from this blog

Wirid Sesudah Sholat

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa dzikir sesudah sholat yang saya amalkan beserta beberapa penjelasan pun sekaligus pengharapan yang ada di dalamnya. Basmalah (33x) Dalam memulai setiap pekerjaan, hendaknya kita memulainya dengan membaca basmalah supaya pekerjaan tersebut dinilai sebagai ibadah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata: “Tafsirnya adalah: Sesungguhnya seorang insan meminta tolong dengan perantara semua Nama Allah. Kami katakan: yang dimaksud adalah setiap nama yang Allah punya. Kami menyimpulkan hal itu dari ungkapan isim (nama) yang berbentuk mufrad (tunggal) dan mudhaf (disandarkan) maka bermakna umum. Seorang yang membaca basmalah bertawassul kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan sifat rahmah. Karena sifat rahmah akan membantu insan untuk melakukan amalnya. Dan orang yang membaca basmalah ingin meminta tolong dengan perantara nama-nama Allah untuk memudahkan amal-amalnya.” ( Shifatush Shalah , ha

6 Tips Aman Berbelanja Online di Luar Negeri

Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, berbelanja bukanlah sesuatu yang susah betapa tidak, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan dengan cepat. Kali ini saya akan berbagi tips aman berbelanja online di luar negeri. Alat pembayaran Umumnya, ada dua alat pembayaran yang diterima oleh seller yakni paypal dan kartu kredit. Sebagian dari kita tentu agak kesusahan bila harus membayar dengan kartu kredit karena tidak semua orang berkesempatan memiliki kartu tersebut terlebih ada umur minimal untuk memilikinya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan dua cara yakni membeli virtual credit card atau menggunakan paypal. Virtual credit card memungkinkan rekan-rekan untuk memiliki kartu virtual dengan saldo yang rekan-rekan butuhkan, biasanya sih cocok untuk yang sekali transaksi. Sedangkan, paypal pun memberikan kemudahan karena banyak jasa penjualan balance atau saldo paypal sehingga rekan-

Here is Simplest Way to Download Twitter Space Recording

  Spaces is a new way to have live audio conversations on Twitter and now it is more popular among the twitter users. Previously, this feature only available for certain users but now available for all Twitter users and make number of created Twitter Spaces increasing. As Space Host, you don't want to lose your Twitter Space after it ended. Fortunately, there is an option to download your recorded Twitter Space for later you can repurpose as you want. Steps Download Twitter Space from Twitter Based on Twitter documentation, as Space Host, you can download your recorded Twitter Space by following these steps: Go to your twitter account and click Settings and Privacy menu, then, click on Your account Click on Download an archive of your data Click Request archive Wait until data ready to download and download zip file from space_media menu Quite long process, right? And the thing is, the more you have Twitter Space, the bigger .zip file that you need to download. Download Twitter Spa