Skip to main content

(Kembali) Menyeimbangkan Hidup

 Kemaren, tanggal 22 Maret 2021 pukul 15.00 adalah waktu pengumuman SNMPTN 2021. Saya, adalah produk dari SNMPTN, tapi tahun 2012. Artinya, sudah 9 tahun berlalu sejak pengumuman kelulusan SNMPTN yang mengantarkan saya ke ITB. Merantau dari kota kecil, Lumajang, ke kota besar bernama Bandung.

Siapa sangka, setelah 9 tahun merantau ke Bandung, dimulai dari kuliah pada 2012 hingga bekerja pada 2016, akhirnya saya pulang ke Lumajang. Biasanya, pertanyaan yang paling sering muncul adalah, "memangnya mau kerja apa di Lumajang?" Tentu, saya sendiri juga mempertanyakan hal tersebut. Untungnya, ada jawabnya, yakni melanjutkan pekerjaan yang ada di Bandung. 

Meskipun banyak dampak negatif pandemi tahun lalu, tapi satu hal yang patut disyukuri adalah, karena pandemi, model kerja programmer jadi banyak berubah, lebih menekankan Work From Home (WFH). Tentu hal itu dikarenakan adanya faktor risiko penularan Covid-19. Namun, di sisi lain, secara cost, WFH ini juga menurunkan pengeluaran kantor. Biaya makan berkurang, biaya meeting berkurang, biaya akomodasi berkurang. Selama ada internet, pekerjaan bisa diselesaikan dan rapat tetap bisa dihadiri.

Saya salah satu dari sekian banyak orang yang memanfaatkan momen pandemi kemaren untuk pulang ke kampung. Toh, pekerjaan bisa dibawa, deliverables bisa disetor sebagaimana mestinya. Apalagi, selama 9 bulan kemaren sejak maret sampai desember, praktis saya sekeluarga hanya di rumah. Beberapa kali keluar, itupun untuk vaksinasi dkk. Bekerja fully WFH. Mungkin, kalau ada sertifikat, saya sudah berhak mengajukan sertifikat trusted employee dalam ber-WFH ini.

Lebih Bahagia

Yang paling terasa, bagi saya, istri, maupun anak, setelah pindah ke Lumajang adalah lebih bahagia. Ini cerita istri saya, selama satu tahun kemaren stres terus karena saya kerjaannya kerja terus dan hanya di rumah. Olahraga? apa itu. Bayangkan, bangun jam 5 pagi lalu kerja sampai 10 malam atau bahkan lebih. Burnout? Ya pastilah, tapi karena memang kerjaannya banyak. Untungnya, sekali lagi, untungnya kontribusi sebanding dengan apresiasi. 

"Emang, setahunan sibuk terus?" Iya, mulai awal tahun ikut jadi tim pengembangan sistem baru di kampus yang langsung dimanfaatkan di awal pandemi.Yap, ijazah digital, berlanjut menjadi digital signature di level kampus. Beritanya bisa dibaca di https://www.itb.ac.id/berita/detail/57459/pertama-di-indonesia-itb-menerbitkan-ijazah-digital-dengan-tanda-tangan-elektronik-bersertifikat. Beres satu, ada yang lain, yakni implementasi sebagian sistem QR untuk keluar masuk kampus, dan juga terlibat di tim SIREKAP 2020, kerjasama antara KPU dan ITB. Jangan lupa, semua itu harus dikerjakan berbarengan dengan mendeliver 5 SKS dengan 3 kuliah yang berbeda seperti yang saya ceritakan di https://aryyadwisatya.blogspot.com/2021/03/berkesempatan-menjadi-pengajar.html

Dengan jadwal seperti itu, tentu ada yang stress, bukan hanya saya, tapi istri dan anak juga. Alhamdulillah, istri dan anak tidak rewelan selama satahun kemaren mendekam di rumah, satu hal yang sangat patut disyukuri.

Bedanya, saat ini saya bisa lebih punya banyak waktu baik untuk diri sendiri (ini yang sering terlewat, sampai stress dan gampang marah), untuk istri, untuk anak, dan untuk orang tua. Di Bandung? mana sempat, yang ada kejra-kerja-kerja. Di Lumajang, semua menjadi lebih santai. Saya punya waktu untuk sepedahan, hal ini jadi salah satu cara meredakan stress, melihat kebun, bersepeda bareng istri, bermain bersama anak, dan ngobrol dengan orang tua. Selama tahun 2021 ini saja, saya sudah nabung sepedahan sejauh 621 km. Alhasil, badan lebih sehat dan kuat, serta mental saya juga lebih sehat. Jadwal yang dulu kerja mulai dari jam 5 pagi, sekarang bisa digeser jadi jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Walaupun memang, kadang juga extend sampai malam kalau ada emergency case maupun rapat project yang lain, tapi oke lah masih hal yang wajar.

Tumbuh Kembang Anak

Lingkungan memang punya andil besar dalam tumbuh kembang anak. Saya sangat bersyukur walaupun 9 bulan anak saya di rumah saja, yang pastinya sangat kurang sinar matahari, alhamdulillah tumbuh dengan baik (insyaallah). Paling, yang biasanya dilakukan anak saya ya main sepeda dari depan ke belakang lalu ke depan lagi dan seterusnya. Bosan? Pastinya. Tapi anak saya sangat baik, mengerti, tidak menuntut, tapi kalau sudah diajak keluar walaupun untuk vaksin, sangat senang walaupun hanya untuk bisa melihat burung dan ikan sambil menunggu vaksin di Biofarma.

Tiga bulan sudah kembali ke Jawa Timur, saya bisa merasakan anak saya semakin ceria, semakin senang bercerita, kosakatanya meningkat pesat, berat badan bertambah, makin kuat, dan sebagainya. Alhamdulillah. Hal ini yang membuat saya yakin bahwa memang, pindah, kembali ke Lumajang adalah keputusan yang tepat. 

Selama tiga bulan ini, hampir setiap pagi, anak saya bisa melihat pepohonan hijau di belakang rumah. memanggil-manggil bebek, memanggil kucing, dan melihat burung yang hinggap di dahan belakang rumah. Hal-hal itu tidak bisa didapatkan jika tetap memaksakan diri untuk berdiam di Bandung. 

Dokumentasi

Ada banyak momen yang dilalui selama tiga bulan ini, tapi paling tidak, ada beberapa yang bisa terekam dalam bentuk gambar.

Statistik Strava saya



Sepedahan ke arah Gunung Semeru


Bersepeda bareng istri

Bunga di belakang rumah, foto oleh istri

Akhirnya, saya bisa bilang, bahwa berpindah, meninggalkan Bandung memang tidak mudah, tapi sebanding dengan ketenangan hati dan kesehatan baik jiwa dan raga.


See ya.

Comments

Popular posts from this blog

Tricky Installation RouterOS on Windows 10 using Hyper-V

Hi, After two days wondering and trying to find why i can't install RouterOS on Windows 10 using Hyper-V, i have found that the solution for undetected interface is very simple. It is jsut change from default Netowrk Adapter to Legacy Network Adapter. So, here is it, my new tutorial. Hope you enjoy and don't hesitate to ask.

Hari pertama : Salam kenal dari BangSat

Salam kenal, Ca-Kawan :D Setelah sekian lama nge-blog karena keinginan sendiri tanpa keterikatan dan tuntutan maka sekarang saya sedang mencoba menaklukkan tantangan Bang Claude yakni “ Tantangan Ngeblog 30 Hari ”. Maklum, orang bergolongan darah B kan suka tantangan :p. Kalau biasanya saya bisa ngeblog sesuka hati, maka sekarang saya harus ngeblog dengan beberapa kriteria yang mungkin tidak asing, tapi tak begitu mudah dilakukan. Konsisten dan On Demand . Inilah poin penting yang menurut saya menjadi dasar diadakannya chalange ini. Oke, nama saya Aryya Dwisatya Widigdha. Saya biasa dipanggil Yayak, Aryya, Dwi, Satya, Widi, atau bahkan BangSat. Tiap nama panggilan punya sejarah masing semisal Yayak adalah nama panggilan dari orang-orang yang paling pertama mengenal saya seperti orang tua, saudara, teman sejak TK/SD. Aryya, panggilan dari rekan-rekan SMP dan SMA. Dwi, Satya, dan Widi merupakan panggilan yang kerap kali dilayangkan oleh kawan-kawan blogger, pecinta IT, dan

Maniak-it.com Pindah

Maniak-it.com Pindah   Logo bangsatya.com Sehubungan dengan expired nya domain maniak-it.com maka maniak-it.com dipindah ke main.bangsatya.com . Sebenarnya bukan tanpa alasan memindahkan maniak-it.com ke main.bangsatya.com , banyak hal yang menjadi alasan pemindahan ini yaitu Maniak-it.com tidak terlalu sering diupdate sedangkan bangsatya.com begitu sering diupdate. Distribusi traffic tidak merata dan ingin dimeratakan hanya ke bangsatya.com Pendapatan adsense dari bangsatya.com jauh dari maniak-it.com sehingga diharapkan dengan beralihnya traffic maniak-it.com ke bangsatya.com maka pendapatan adsense makin meningkat. dll Nah, itu dia beberapa alasan dipindahnya maniak-it.com ke main.bangsatya.com. Jangan khawatir, layanan yang ada di maniak-it.com tetap bisa dinikmati di main.bangsatya.com tanpa terkecuali. Pengguna akan tetap bisa menikmati: Backlink generator : http://main.bangsatya.com/backlink-generator.php Proxy Checker : http://main.bangsatya.c